Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pelatihan Perangkat Lunak DIAMOND Sebagai Media Pembelajaran Fisika Bagi MGMP Fisika Kabupaten Takalar

Zsmart.id - Dalam memberikan pemahaman mengenai ilmu pengetahuan alam khususnya materi fisika, terkadang membutuhkan perangkat atau media penunjang tambahan agar para peserta didik atau siswa dapat menerima pelajaran dengan baik. Berbeda dengan materi-materi fisika pada umumnya, untuk materi struktur kristal zat padat membutuhkan media tersendiri agar peserta didik dapat memperoleh gambaran yang ideal mengenai struktur padatan bahan.

PKM Fisika UNM
Sambutan Kepala UPT SMAN 5 Takalar Ibu Dra. Rosmala, M.M.


Berangkat dari hal tersebut, kelompok Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Fisika FMIPA UNM yang diketuai oleh Vicran Zharvan, S.Si., M.Si beserta anggota tim yakni Prof. Dr. Eko Hadi Sujiono, M.Si dan Syamsul Wahid, S.Pd., M.Pd memberikan pelatihan kepada guru terkhusus mitra guru kelompok MGMP Fisika Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, para mitra guru dibekali kemampuan dasar mengenai penjelasan sains mengenai struktur padatan bahan sehingga para mitra guru dapat menjelaskan dengan baik mengenai letak posisi atom dari setiap unsur atau paduan yang ingin dipelajari lebih lanjut. Selain itu, para mitra juga dibimbing untuk dapat membuat media pembelajaran interaktif menggunakan perangkat lunak DIAMOND tersebut. 

PKM Fisika UNM

PKM Fisika UNM
Suasana Pemberian Materi Kepada Mitra Guru

Ditemui di tempat yang sama, Kepala UPT SMAN 5 Takalar Ibu Drs. Rosmala, M.M menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh tim pengabdi Jurusan Fisika FMIPA UNM. Beliau mengatakan, diharapkan dengan kedatangan kelompok tim ini dapat memberikan wawasan baru mengenai pemanfaatan media pemlebelajaran interaktif agar dapat memotivasi siswa. 

Hal serupa juga disampaikan oleh Ketua MGMP Fisika Kabupaten Takalar Bapak Muh. Ridwan,S.Pd bahwa diharapkan dengan adanya kegiatan ini juga dapat kembali membangkitkan semangat peserta didik dalam mempelajari materi fisika terkhusus materi zat padat pada siswa. Serta, guru-guru juga dapat terbantu dalam menjelaskan letak posisi atom dan jenis kristal bahan. 

Post a Comment for "Pelatihan Perangkat Lunak DIAMOND Sebagai Media Pembelajaran Fisika Bagi MGMP Fisika Kabupaten Takalar"

close