Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Penyusunan Dokumen PDD-UKTPT Serdos SMART 2024

Zsmart.id - Kini pembukaan seleksi sertifikasi dosen atau serdos SMART kembali dibuka. Pada artikel-artikel yang sebelumnya, telah diberikan panduan umum mengenai sertifikasi dosen (serdos) serta cara pengisian instrumen persepsional diri untuk keperluan portofolio serdos. 

Penyusunan Dokumen PDD-UKTPT Serdos SMART 2024
Tampilan Isi PO SERDOS Tahun 2022


Pada artikel ini, akan dilanjutkan pembahasan mengenai tips penyusunan dokumen PDD-UKTPT bagi rekan-rekan dosen yang akan disertifikasi. Secara umum, pada pengisian PDD-UKTPT serdos bukan hanya aspek pengajaran saja yang difokuskan, melainkan ketiga dharma bagi dosen yang akan disertifikasi. 

Komponen-Komponen Pengisian PDD-UKTPT

Terdapat beberapa komponen-komponen dalam pengisian PDD-UKTPT untuk kelengkapan pengisian serdos. Komponen-komponen tersebut meliputi :

  1. Pengisian Mission Statement,
  2. Pengisian Bobot Penilaian pada PDD-UKTPT,
  3. Upload RPS (Rencana Pembelajaran Semester),
  4. Pengisian Penilaian Unsur Pengajaran,
  5. Pengisian Penilaian Unsur Penelitian, dan
  6. Pengisian Penilaian Unsur Pengabdian kepada Masyarakat. 
Setelah mengetahui komponen-komponennya, sekarang kita bahas satu per satu ke-enam komponen tersebut.

1. Pengisian Mission Statement

Pengisian mission statement merupakan deskripsi dari masing-masing dosen yang akan disertifikasi yang berisi peminatan yang rekan-rekan sukai diantara ketiga dharma yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Silahkan memilih yang dimana dharma tersebut akan dijabarkan secara lebih detail kenapa rekan-rekan dosen memilih dharma tersebut sebagai passion dalam bekerja sebagai dosen. 

2. Pengisian Bobot Penilaian pada PDD-UKTPT

Untuk pengisian bobot penilaian pada PDD-UKTPT terbagi atas tiga komponen yakni pengajaran, publikasi karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. Total bobot adalah 100%. Olehnya, silahkan rekan-rekan mengisi bobot-bobot tersebut berdasarkan keinginan rekan-rekan dosen sekalian. Jika kalian memiliki aktivitas yang bagi di publikasi karya ilmiah dibandingkan dua bobot yang lain, maka silahkan untuk mengisi bobot publikasi tersebut dengan persentase penilaian yang paling tinggi. Intinya sesuaikan dengan karakteristik nyata dari rekan-rekan dosen yang akan disertifikasi.

3. Upload RPS

Dalam bagian pengajaran, upload RPS merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan, RPS yang akan diupload akan menjadi acuan bagi tim penilaia untuk melihat kesesuaian antara RPS dan video pengajaran yang diupload. Olehnya, tips yang dapat kamu perhatikan yakni :

  1. Pastikan komponen-komponen RPS terisi lengkap dan ikuti format yang berlaku di kampus/institusi rekan-rekan sekalian. Mulai dari judul matakuliah, kode matakuliah, CPMK, sub-CPMK dan sebagainya.
  2. Pastikan RPS yang diupload memiliki pengesahan dari otoritas yang berlaku semisal ketua jurusan dan ketua program studi.

4. Penilaian Unsur Pengajaran

Pada penilaian unsur pengajaran, terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan yakni pembuatan video pembelajaran dalam bentuk microteaching dengan waktu yang terbatas paling lama 30 menit. Dalam pembuatan video tersebut diharapkan rekan-rekan memperhatikan:
  1. Lama durasi video pembelajaran pastikan sesuai dengan batas waktu yang diberikan.
  2. Pastikan dalam pembuatan video mengandung unsur-unsur penilaian seperti pembuka, isi dan penutup serta gunakan media pembelajaran yang baik seperti rekan-rekan mengajar di kelas pada umumnya.
  3. Dalam upload video, pastikan memilih platform yang baik dan cepat diakses semisal youtube. Dalam pengaturan video youtube, link video kalian jangan dibuat privat atau pribadi. Hal ini dikhawatirkan asesor tidak akan menemukan video Anda.
  4. Upload juga video Anda di google drive sebagai cadangan, dan sekali lagi jangan dibuat pribadi yah.

5. Penilaian Unsur Penelitian dan Publikasi Ilmiah

Pada penilaian unsir penelitian, ini merupakan sifatnya khas dan menjadi penciri bagi dosen yang disertifikasi. Silahkan buat berdasarkan kegiatan penelitian yang telah dilakukan. Tambahkan juga informasi mengenai publikasi apa saja yang telah dihasilkan berdasarkan penelitian tersebut. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan:
  1. Jangan pernah berfikir untuk mencontek punya orang. Jika ketahuan, maka akan langsung tidak lulus karena plagiasi. 
  2. Buatlah berdasarkan keadaan nyata terkait bidang penelitian dan publikasi yang telah atau sedang dilakukan.

6. Penilaian Unsur Pengabdian kepada Masyarakat

Sama halnya dengan unsur penelitian, pada pengabdian kepada masyarakat, dosen yang disertifikasi juga menuliskan secara rinci kegiatan pengabdian yang telah dilakukan. Pastikan memberikan dampat nyata bagi masyarakat dan tentunya bernilai manfaat.

Itulah tadi beberapa informasi singkat mengenai penyusunan PDD-UKTPT yang dapat dijadikan bahan referensi penunjang bagi rekan-rekan dosen ketika ingin mengisi portofolio PDD-UKTPT pada seleksi sertifikasi dosen atau serdos tahun ini. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Tips Penyusunan Dokumen PDD-UKTPT Serdos SMART 2024"

close