Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi Instrumen Penilaian Persepsional Sertifikasi Dosen (SERDOS) SMART

Zsmart.id - Setelah dosen telah dinyatakan layak atau eligible dalam mengikuti sertifikasi dosen atau serdos SMART, maka status dosen akan berubah menjadi dosen yang disertifikasi atau DYS. Pada bagian ini, DYS akan mulai menyusun portofolio menyangkut kelengkapan berkas pada sertifikasi dosen serdos SMART. 

persepsional diri serdos smart
Screenshot Isi PO SERDOS 2022

TAHAPAN PENGISIAN PORTOFOLIO SERDOS SMART

Terdapat beberapa tahapan dalam pengisian portofolio sertifikasi dosen atau serdos SMART diantaranya:

  1. Validasi biodata peserta
  2. Mengunggah pas foto
  3. Isian daftar riwayat hidup
  4. Mengisi instrumen persepsional diri
  5. Penyusunan PDD-UKTPT
kesemua lima isian tersebut wajib diisi oleh DYS untuk kelengkapan portofolio serdos SMART. Terkhusus pada bagian ini, kita akan membahas mengenai isian yang keempat yakni mengisi instrumen persepsional diri.

INSTRUMEN PERSEPSIONAL DIRI

Pada bagian instrumen persepsional diri, DYS akan mendapatkan penilaian dari beberapa penilai yang terbagi atas:

  1. Penilaian diri sendiri
  2. Penilaian oleh atasan langsung
  3. Penilaian oleh 3 orang sejawat
  4. Penilaian oleh 5 orang mahasiswa
Pada poin 2 hingga 4, penilai ditunjuk langsung oleh Panitia Sertifikasi Dosen (PSD) sehingga nama-nama penilaia tidak boleh diketahui oleh DYS. Berdasarkan pedoman sertifikasi dosen tahun 2022, proses pengisian dilakukan secara full daring menggunakan aplikasi SISTER menggunakan metode semantic differential

Secara umum, terdapat empat poin yang dinilai yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Terkhusus untuk penilaian oleh sejawat, terdapat komponen penilaian lainnya yakni bagaimana kontribusi DYS dalam bidang penelitian, publikasi karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat. 

Pada pengisian persepsional diri yang diisi oleh DYS, pastikan DYS mengisi dengan keadaan yang jujur dan pastikan untuk menelaah setiap poin-poin penilaian dengan teliti dan seksama. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh sistem dan selalu cek kembali jawabanmu sebeluk DYS memutuskan untuk mengirimkan jawaban. 

HASIL PENILAIAN INSTRUMEN PERSEPSIONAL DIRI SERDOS SMART

Hasil penilaian persepsional diri sertifikasi dosen atau serdos SMART akan ditunjukkan langsung setelah dihitung oleh panitia. Hasil penilaian dapat dilihat pada akun SISTER masing-masing DYS. Penilaian diperoleh berdasarkan hasil rata-rata penilaian persepsional masing-masing penilaia yakni atasan, sejawat, mahasiswa dan diri sendiri. 

Demikian informasi mengenai cara pengisian instrumen persepsional diri dalam rangka sertifikasi dosen SMART atau serdos SMART. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Mengisi Instrumen Penilaian Persepsional Sertifikasi Dosen (SERDOS) SMART"

close