Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Mudah Cara Lulus Sertifikasi Dosen (SERDOS) SMART

Zsmart.id - Beberapa artikel-artikel sebelumnya yang membahas mengenai sertifikasi dosen meliputi syarat serta panduan pengisian portofolio serdos meliputi isian daftar riwayat hidup, pengisian instrumen persepsional diri serta penyusunan PDDUKT-PT juga telah dijelaskan pada artikel-artikel sebelumnya.

Tips lulus sertifikasi dosen serdos smart
Tampilan depan laman SISTER


Pada artikel kali ini akan diberikan beberapa tips atau cara lulus sertifikasi dosen (SERDOS) SMART pada tahun ini. Pengalaman ini dituliskan berdasarkan apa yang penulis rangkum dari berbagai sumber. 

Cara/Tips Lulus Sertifikasi Dosen (SERDOS) SMART


Terdapat beberapa langkah yang dapat kamu lakukan guna memperbesar peluang kamu untuk dapat lulus dalam seleksi sertifikasi dosen (SERDOS) SMART. Adapan beberapa langkah tersebut, yakni:

1. Lengkapi dan Perbarui Isi SISTER-mu.


SISTER merupakan platform khusus yang disediakan bagi dosen di seluruh wilayah Indonesia sebagai basis data karir dosen selama menjalankan kegiatan dharma perguruan tinggi meliputi pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan didukung dengan kegiatan penunjang akademik dosen.

Kaitannya dalam sertifikasi dosen (SERDOS) SMART adalah semua data portofolio dosen yang diisikan pada saat dosen yang disertifikasi (DYS) mengambil data dari kegiatan-kegiatan yang kamu isikan di akun SISTER-mu. Mulai dari riwayat pengajaran, penelitian, publikasi karya ilmiah, kegiatan pengabdian kepada masyarakat hingga riwayat mengikuti kegiatan penunjang. 

Olehnya, pastikan semua komponen-komponen tersebut kamu isikan dengan benar dan bukti kegiatan dapat diakses oleh asesor sertifikasi dosen. Kamu bisa membuat tautan cadangan yang dapat kamu gunakan dalam pengisian tautan eksternal. Kamu dapat memanfaatkan google drive untuk ini.

2. Perbanyak Informasi Mengenai Seleksi Sertifikasi Dosen


Kamu harus mulai mencari informasi terkini mengenai kegiatan seleksi sertifikasi dosen ini. Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah kamu memahami dengan baik dan seksama panduan operasional seleksi sertifikasi dosen yang berlaku. 

Dengan memahami pedoman tersebut, kamu mengetahui secara pasti mengenai jenis-jenis persyaratan, mekanisme seleksi dan perhitungan skor penilaian serta rubrik-rubrik penilaian yang asesor gunakan dalam melakukan seleksi sertifikasi dosen tersebut.

3. Lengkapi Pengetahuan Dengan Mengikuti Webinar Terkait Sertifikasi Dosen


Secara umum, webinar-webinar tersebut membahas mengenai pedoman resmi mengenai seleksi sertifikasi dosen tersebut. Tetapi, ada informasi-informasi teknis yang mereka berikan terkait konsep penyusunan instrumen penilaian serta beberapa tips dan trik dalam mengisi portofolio dosen. Salah satu channel sertifikasi dosen yang dapat membantu kamu dalam skema pengisian portofolio dosen dapat kamu lihat pada channel Youtube berikut [Klik di Sini].

4. Diskusi Pada Rekan Sejawat Yang Telah Lulus Sertifikasi Dosen


Bagian ini sangat membantu sebab mereka yang telah lulus pasti mengetahui secara pasti mengenai prinsip dan cara pengisian instrumen portofolio sertifikasi dosen dengan baik. Olehnya, kamu harus berdiskusi dengan mereka untuk memperoleh gambaran-gambaran dalam pengisian instrumen portofolio sertifikasi dosen SMART tersebut.

Demikianlah 4 langkah yang dapat kamu lakukan dalam memperbesar peluangmu untuk lulus seleksi sertifikasi dosen (SERDOS) SMART. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "4 Tips Mudah Cara Lulus Sertifikasi Dosen (SERDOS) SMART"

close