Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi Seleksi Tes Intelegensia Umum (TIU) CPNS

tiu cpns 2024

Zsmart.id. - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS untuk tahun anggaran 2024 akan segera di buka dalam waktu dekat ini. Meskipun masih menunggu jadwal resmi, kemungkinan pendaftaran akan dilaksanakan sekitar bulan Juli - Agustus 2024.

Pada seleksi CPNS, seperti diketahui terdapat beberapa rangkaian seleksi mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Terkhusus untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS terdapat tiga jenis sub seleksi. Salah satu diantaranya adalah tes intelegensia umum atau TIU.

Berdasarkan keputusan MENPANRB Nomor 651 Tahun 2023, seleksi TIU CPNS bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasukan:

Kemampuan Verbal 

Kemampuan verbal yang terdiri atas analogi yang bertujuan untuk mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain;

Kemampuan verbal silogisme dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan;

Kemampuan analitis, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

Kemampuan Numerik

Berhitung, dengan tujuan mengukur kemampuan hitung sederhana;

Deret angka, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan angka;

Perbandingan kuantitatif, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif;

Soal cerita, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

Kemampuan Figural

Analogi, dengan tujuan mengukur kemampuan individu delam bernalar melalui perbandingan dua gamabr yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain;

Ketidaksamaan, dengan tujuan mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar; 

Serial, dengan tujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Berdasarkan informasi tersebut, maka baiknya bagi yang ingin mengikuti seleksi CPNS untuk sudah mulai mempelajari materi-materi yang sesuai dengan topik-topik yang diberikan. 


Post a Comment for "Kisi-Kisi Seleksi Tes Intelegensia Umum (TIU) CPNS"

close