Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi seleksi TKDA Sertifikasi Dosen (Serdos) SMART

Zsmart.id. - Bagi pengembangan jenjang karir dosen, mendapatkan sertifikasi menjadi tujuan tersendiri dalam rangka mendapatkan tunjangan profesional sebagai dosen.

Namun, untuk mendapatkan sertifikasi dosen atau serdos tersebut tidaklah mudah.

Hal ini dikarenakan terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh dosen yang bersangkutan untuk dapat masuk ke dalam seleksi serdos pada tahun tersebut.

Salah satu rintangan yang perlu dilalui oleh calon peserta serdos adalah seleksi tes kompetensi dasar akademik atau TKDA. 

Pada seleksi TKDA ini terdapat nilai minimum yang harus dipenuhi. 

Berdasarkan regulasi untuk Serdos SMART bahwa nilai ambang batas peserta calon sertifikasi dosen yakni minimal 513. 

Untuk mendapatkan hal tersebut terbilang tidaklah mudah. Olehnya diperlukan waktu khusus untuk meluangkan waktu lebih dalam mempelajari materi-materi pada seleksi TKDA tersebut. 

Adapun kisi-kisi seleksi TKDA serdos SMART secara pasti tidak dituangkan dalam surat edaran spesifik. 

Namun, berdasarkan pengalaman dari dosen yang telah lulus seleksi serdos SMART terdapat beberapa topik yang diujikan yakni : kemampuan verbal, kemampuan numerik dan kemampuan figural.

Pada kemampuan verbal untuk seleksi TKDA serdos SMART meliputi pengetahuan kata yang terdiri atas sinonim kata, antonim kata,  serta hubungan antar kata. 

Pada kemampuan numerik untuk seleksi TKDA serdos SMART meliputi kemampuan hitung sederhana, perbandingan kuantitatif, aritmatika, deret angka dan soal cerita.

Pada kemampuan figural untuk seleksi TKDA serdos SMART meliputi kemampuan dalam mengidentifikasi gambar sesuai dengan arahan yang diberikan. Semisal rotasi gambar, pencerminan gambar, jejaring bangun ruang, dan mencari potongan gambar yang hilang. 

Itulah kisi-kisi seleksi TKDA sertifikasi dosen (serdos) SMART yang dirangkum berdasarkan pengalaman dari peserta yang telah mengikuti seleksi TKDA.  

Post a Comment for "Kisi-Kisi seleksi TKDA Sertifikasi Dosen (Serdos) SMART"

close