Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi Seleksi CPNS 2024! Persiapkan Dari Sekarang!

seleksi cpns 2024
Sumber: portal SSCASN

Zsmart.id - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2024 akan segera dibuka. Pendaftaran akan segera dibuka diperkirakan pada bulan Juli hingga Agustus 2024. 

Namun, masyarakat harus menanti dengan sabar kapan pastinya pengumuman resmi pendaftaran seleksi CPNS 2024 akan dibuka.

Layaknya pada seleksi tahun-tahun sebelumnya, peserta seleksi akan mengikuti beberapa rangkaian seleksi agar dapat menjadi seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Adapun rangkaian seleksi meliputi seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). 

Pada seleksi administrasi, agar calon peserta tidak gugur, maka pastikan sudah mulai untuk melengkapi beberapa berkas diantaranya KTP, KK, Ijazah dan Transkrip, Pas Foto serta beberapa kelengkapan lainnya.

Apabila peserta dinyatakan lulus seleksi tahap awal, maka peserta akan memasuki tes atau seleksi tahap kedua yakni seleksi kompetensi dasar atau SKD. Pada SKD ini, terbagi atas tiga rangkaian tes yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP). 

Kisi-kisi SKD seleksi CPNS meliputi untuk TWK yakni : nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa negara. 

Sementara untuk TIU meliputi : kemampuan vebal yang terbagi atas analogi, silogisme dan analitis. Kemampuan numerik meliputi berhitung, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Kemampuan figural meliputi analogi, ketidaksamaan dan serial. 

Sementara untuk TKP materi ujian meliputi pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, TIK, profesionalisme dan anti radikalisme. 

Kesemua kisi-kisi di atas merupakan kisi-kisi yang tertuang pada Keputusan MenpanRB RI Nomor 651 Tahun 2023. Jika tidak ada perubahan, informasi tersebut dapat menjadi rujukan bahan persiapan menghadapi seleksi serta kisi-kisi ini dapat dijadikan gambaran awal mengenai seleksi CPNS tahun 2024. Informasi resmi masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah.


Post a Comment for "Kisi-Kisi Seleksi CPNS 2024! Persiapkan Dari Sekarang!"

close