Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Pengisian Isian Daftar Riwayat Hidup Sertifikasi Dosen / SERDOS SMART

Zsmart.id - Sertifikasi dosen atau serdos merupakan suatu kegiatan proses untuk menilai keprofesionalitasan dosen. Dengan diperolehnya sertifikasi dosen ini, maka dosen diakaui memiliki nilai profesionalitas yang baik dalam menjalankan tugas sebagai dosen. 

sertifikasi dosen serdos smart
Tampilan Depan Laman  SISTER

Dalam seleksi sertifikasi dosen ini, dosen harus mengikuti rangkaian seleksi yang telah ditetapkan aturannya. Namun, secara umum adalah penilaian mengenai kegiatan tridharma yang telah dilakukan selama periode penilaian tertentu. tridharma yang dimaksud meliputi pelaksaaan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Proses seleksi sertifikasi dosen ini dilaksanakan secara daring melalui laman aplikasi SISTER. Namun, untuk sampai ke tiitk tersebut, dosen harus lulus beberapa kriteria awal agar dapat mengikuti seleksi sertifikasi dosen atau serdos ini. 

Setelah layak untuk masuk ke dalam proses seleksi, selanjutnya dosen akan mengisi beberapa portofolio. Salah satu di antara isian tersebut adalah isian daftar riwayat hidup atau disingka DRH. Terdapat beberapa isian daftar riwayat hidup atau DRH untuk portofolio sertifikasi dosen ini, yakni :

Riwayat Pendidikan

Pada bagian riwayat pendidikan ini, dosen yang akan disertifikasi harus mengisi riwayat pendidikan yang telah dosen tempuh. Adapun secara rinci riwayat pendidikan yang dimaksud adalah riwayat pendidikan tingkat sarjana (S1), magister (S2) dan doktor (S3). 

Pengisian riwayat pendidikan ini diisi melalui laman SISTER pada bagian kualifikasi lalu memilih pendidikan formal. Setelahnya, data akan otomatis tersinkronkan ke menu riwayat pendidikan apabila telah mengisi. 

Riwayat Pelatihan Profesional

Pada bagian riwayat pelatihan profesional untuk sertifikasi dosen beriisikan informasi mengenai pelatihan-pelatihan apa saja yang telah dosen ikuti. Pastikan dalam mengisi riwayat pelatihan profesional ini, kamu melengkapi secara detail mengenai tahun kegiatan, penyelenggara kegiatan, judul kegiatan, nomor sertifikat dan jangka waktu pelaksaanaan kegiatan. 

Pengisian riwayat pelatihan profesional ini juga diiisi melalui SISTER pada menu diklat.

Riwayat Pengalaman Mengajar

Riwayat pengalaman mengajar ini berisikan informasi mengenai riwayat pengajaran yang telah dilakukan selama periode penilaian berlangsung. Pengisian riwatat pengajaran ini tidak bisa diisi manual oleh dosen yang disertifikasi (DYS), melainkan diisi oleh operator perguruan tinggi. 

Dalam riwayat pengalaman mengajar ini, DYS dapat memilih mata kuliah apa saja yang nantinya akan dimasukkan ke dalam proses penilaian oleh asesor sertifikasi dosen. Pastikan DYS memilih mata kuliah yang relevan dengan keilmuan dan sering diajarkan dari tahun ke tahun. Dalam pemilihan periodenya, disarankan mengambil untuk 3 tahun terakhir atau 6 semester. 

Riwayat Produk Bahan Ajar

Pada bagian riwayat produk bahan ajar, DYS mengisi secara mandiri melalui laman SISTER yang dapat diisi melalui menu pelaksanaan pendidikan lalu memilih bahan ajar. Masukkan semua bahan ajar yang DYS telah buat dan gunakan selama periode penilaian sertifikasi dosen tersebut. 

Riwayat produk bahan ajar yang dapat dimasukkan dapat dilihan sesuai dengan PO BKD dosen yang dapat diunduh melalui aplikasi SISTER pada saat pengisian BKD atau beban kerja dosen. Beberapa produk bahan ajar yang dapat dimasukkkan pada penilaian sertifikasi dosen adalah Rancangan Pembelajaran Semester (RPS), modul ajar, diktat, dan buku ajar.

Riwayat Penelitian

Pada bagain riwayat penelitian, DYS mengisi secara mandiri kegiatan penelitian yang telah atau sedang dijalankan selama periode penilaian sertifikasi dosen atau serdos. Riwayat penelitian ini disinkronkan secara otomatis pada saat DYS telah mengisi riwayat penelitian di aplikasi SISTER melalui menu Pelaksanaan Penelitian. 

Dalam mengisi penelitian ini, pastikan bahwa laporan lengkap ataupun proposal penelitian telah disahkan oleh pimpinan atau pihak terkait serta sesuai dengan kriteria PO BKD yang berlaku di aplikasi SISTER.

Riwayat Publikasi Karya Ilmiah/Seni

Pada bagian riwayat publikasi karya ilmiah/seni, DYS mengisi semua publikasi yang telah dilakukan. Adapun publikasi yang dimaksud adalah hasil penelitian yang telah dipublikasikan pada jurnal baik nasional maupun internasional bereputasi. 

Dalam mengisi riwayat publikasi tersebut, pastikan untuk mengisi dengan benar mengenai beberapa komponen penting. Komponen penting yang dimaksud adalah judul artikel, nomor DOI, tahun publikasi, tautan akses ke laman jurnal, tautan akses ke artikel, nama-nama penulis. 

Riwayat Pertemuan Ilmiah

Pada bagian riwayat pertemuan ilmiah, DYS mengisi semua kegiatan ilmiah (seminar, conference dan sebagainya) yang telah dilakukan. Isian dilakukan mandiri melalui aplikasi SISTER. Pastikan untuk menulis informasi kegiatan dengan benar meliputi nama kegiatan, penyelenggara, tahun kegiatan dan nomor sertifikat.

Riwayat Organisasi Profesi/Ilmiah

Pada bagian ini, silahkan DYS mengisi organisasi apa yang telah dan sedang diikuti meliputi organisasi profesi semisal perkumpulan dosen indonesia atau bahkan spesifik lagi semisal organisasi dosen informatika dan sebagainya. 

Dalam bukti pada kegaitan ini, pastikan kamu menjadikan kartu anggota yang masih berlaku pada saat proses seleksi sertifikasi dosen tersebut berlangsung.

Hal yang Perlu Diingat

Pastikan sebelum mengikuti seleksi sertifikasi dosen, para dosen telah mengisi dan melengkapi semua data diri dosen dan kegiatan tridharma yang telah dilakukan. Pastikan bahwa isian telah sesuai dengan PO BKD yang berlaku serta memiliki bukti yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan.

Demikian informasi mengenai cara pengisian daftar riwayat hidup sertifikasi dosen atau serdos SMART. Semoga bermanfaat!


Post a Comment for "Panduan Pengisian Isian Daftar Riwayat Hidup Sertifikasi Dosen / SERDOS SMART"

close