Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siapa Saja Susunan Pengurus Jurnal Ilmiah ? Ini Penjelasannya !

Zsmart.id. - Dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, para peneliti maupun dosen akan melakukan riset terkait topik penelitian yang mereka tekuni. Agar hasil penelitian bermanfaat, maka hasil penelitian dituliskan ke dalam bentuk artikel ilmiah dan dipublikasikan oleh jurnal ilmiah dengan topik-topik yang relevan. 


jurnal nasional sinta
Tampilan depan SINTA

Secara lebih spesifik, jurnal ilmiah merupakan wadah bagi para peneliti untuk menyebarluaskan hasil penelitian mereka agar dapat bermanfaat bagi masyarakat luas entah itu oleh peneliti lain, akademisi ataupun industri. Olehnya, pengelolaan jurnal ilmiah merupakan ujung tombak yang perlu dipersiapkan secara khusus agar jurnal yang dikelola memiliki kredibilitas yang baik.

Muncul pertanyaan? Lalu siapa saja pengurus jurnal ilmiah ? Berikut penjelasannya.

Editor Utama (Editor-in-Chief)


Editor utama merupakan orang yang memegang dan bertanggung jawab penuh atas berjalannya jurnal  ilmiah. Terdapat beberapa tugas dari editor utama yakni : a) Bertanggung jawab atas semua aspek pengelolaan jurnal, b) Memimpin tim editorial dan mengawasi proses peer review dan c) Mengambil keputusan akhir terkait penerimaan atau penolakan artikel.

Dewan Editorial (Editorial Board)


Dewan editorial merupakan kumpulan orang-orang ahli yang sesuai dengan topik jurnal yang dikelola yang bertugas untuk memberikan nasihat atau pandangan kepada editor utama terkait kebijakan jurnal dan proses pengelolaan jurnal.

Editor Pelaksana (Managing Editor)


Editor pelaksana merupakan sekumpulan orang yang bertanggung jawab atas aspek administratif dan operasional jurnal. Selain itu, editor pelaksana juga bertugas untuk mengkordinir proses penilaian artikel (peer review) termasuk komunikasi antara reviewer dan penulis.

Editor Pendamping (Associate Editors)


Editor pendamping bertugas untuk mendampingi editor pelaksana mengenai bidang-bidang khusus dalam jurnal. Lebih lanjut, editor pendamping bertugas untuk membantu dalam proses pemilihan reviewer dan mengevaluasi hasi review serta memberikan saran kepada editor utama terkait keputusan mengenai editorial jurnal.

Reviewer Sejawat (Peer Reviewers)


Sesuai dengan namanya, reviewer sejawat bertugas untuk memeriksa artikel yang masuk pada jurnal secara independen terhadap kualitas, orisinalitas dan relevansi artikel. Selain itu, reviewer sejawat juga bertugas memberikan umpan balik dan saran kepada penulis.

Editor Teknis (Technical Editors)


Editor teknis secara umum bertugas untuk memastikan bahwa manuskrip yang dituliskan oleh penulis sudah sesuai dengan format, gaya dan tata bahasa artikel jurnal. Bahkan editor teknis dapat memeriksa kesesuaian antara kutipan dengan daftar referensi yang digunakan.

Editor Naskah (Copy Editors)


Editor naskah pada suatu jurnal ilmiah bertugas untuk bertanggung jawab dalam perbaikan bahasa dan kesalahan tata bahasa. Lebih lanjut, editor naskah juga bisa mengoreksi terkait gaya penulisan, format dan struktur nasakah apakah sesuai dengan pedoman jurnal.

Editor Tata Letak (Layout Editors)


Editor tata letak memainkan peran penting dalam kualitas tampilan artikel yang akan diterbitkan meliputi kesesuaian antara manuskrip yang telah diterima dengan template artikel jurnal. Termasuk mengurus mengenai tampilan gambar, tabel, persamaan dan lain sebagainya serta penempatan elemen-elemen artikel agar terlihat lebih menarik.

Staf Administrasi (Administration Staff)


Orang-orang yang dipercaya menjadi staf administrasi pada jurnal ilmiah bertugas untuk mengurus persuratan antara penulis dengan jurnal meliputi surat keterangan penerimaan artikel untuk dipublikasikan atau Letter of Acceptance (LoA), sertifikat publikasi, sertifikat untuk reviewer serta terkait keuangan jurnal seperti biaya publikasi artikel. 

Itulah tadi beberapa susunan umum dari sebuah jurnal ilmiah. Kadangkala, susunan pengurus jurnal ilmiah dapat berubah-ubah tergantung dengan urgensi dan proses pengelolaan jurnal tersebut.

Sekian informasi yang kami berikan. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Siapa Saja Susunan Pengurus Jurnal Ilmiah ? Ini Penjelasannya !"

close