Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KUMPULAN PERTANYAAN SELEKSI WAWANCARA GURU PENGGERAK BESERTA PEMBAHASANNYA

Zsmart.id. - Guru penggerak merupakan salah satu kegiatan pengembangan kompetensi guru yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendiidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Agar dapat diterima ke dalam program ini, para kandidat calon guru penggerak harus melalui beberapa serangkaian tes yakni tes simulasi mengajar dan wawancara. 

Pada artikel ini, kami akan merangkum beberapa pertanyaan yang telah muncul terkait pertanyaan seleksi wawancara calon guru penggerak. 

pertanyaan wawancara guru penggerak


1) Apa pendapat Bapak/Ibu mengenai kegiatan program guru penggerak?


Dalam menjawab pertanyaan ini, maka diharapkan para calon guru penggerak dapat mencari informasi tersebut di laman resmi program guru penggerak. Jangan dihafalkan, melainkan silahkan untuk merangkum sendiri maksud dari kegiatan program guru penggerak yang dimaksud. Informasi lengkap tentang dasar-dasar program guru penggerak dapat dilihat pada bagian "Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan" pada laman resmi guru penggerak.

2) Apa saja kegiatan yang Bapak/Ibu lakukan di tempat Bapak/Ibu mengajar?


Untuk menjawab pertanyaan ini, jika kamu menjawab dengan jawaban mengajar saja, maka jawaban tersebut tidak akan memberikan poin yang tinggi. Kita tahu bahwa tugas pokok guru adalah melakukan pengajaran. Olehnya, silahkan kamu memberikan jawaban mengenai kegaitan tambahan yang kamu lakukan di sekolah misalnya menjadi bendahara bantuan operasional sekolah (BOS), menjadi wakil kepala sekolah pada bidang kesiswaaan, menjadi pembina pramuka, menjadi pembina kegiatan ekskul.

3) Sudah berapa lama Bapak/Ibu menjadi guru?


Untuk menjawab pertanyaan ini, silahkan kamu memberikan jawaban yang jujur kapan mulai kamu mengajar. Bisa 10 tahun, 15 tahun, 3 tahun itu tergantung pribadi kamu.

4) Apa motivasi Bapak/Ibu untuk mengikuti kegiatan program guru penggerak?


Sebelum menjawab pertanyaan ini, baiknya kamu kembali ke poin pertama lalu memahami mengenai visi misi dari kegiatan guru penggerak. Kaitkan jawaban kamu dengan visi misi tersebut tentunya berdasarkan pengalaman yang kamu dapatkan langsung di sekolah. 

Misalkan, kamu mengikuti kegiatan ini agar dapat membawa perubahan bagi lingkungan sekolahmu baik dari segi metode pengajaran ataupun lingkungan kerja yang lebih kondusif.

5) Sebutkan kelebihan yang Bapak/Ibu miliki!


Dalam menjawab pertanyaan ini, pastikan kamu terlebih dahulu mengetahui karakteristik dirimu. Kamu bisa menggunakan analisis SWOT untuk menjawabnya. Berdasarkan hasil itu, kamu kaitkan dengan kegiatan kamu selama di sekolah. Misalkan kamu adalah orang yang rajin datang tepat waktu sehingga kamu termasuk ke dalam pribadi yang disiplin. 

6) Selama Bapak/Ibu mengajar, kesulirtan apa yang pernah didapatkan?


Sampaikan semua kendala-kendala yang kamu hadapi saat mengajar namun sertakan juga solusi mengenai permasalahan tersebut. Misalkan pada saat mengajar, terdapat siswa yang memiliki kemampuan menangkap pelajaran dengan baik, untuk mengatasi hal tersebut kamu mungkin bisa melakukan pendekatan mandiri semisal memberikan pelajaran tambahan khsusu bagi siswa tersebut.

7) Jika Bapak/Ibu lulus dalam program guru penggerak, apa yang Bapak/Ibu akan lakukan?


Dalam menjawab pertanyaan ini, berikan jawaban yang logis dan terstruktur. Kamu bisa membagi atas dua kategori yakni apa yang akan kamu lakukan bagi siswa dan bagi sekolah. Untuk siswa, tentunya kamu akan meningkatkan cara kamu dalam memberikan pengajaran yang baik dan efektif. Serta bagi sekolah, kamu bisa merangkul rekan-rekan sejawat untuk dapat menjadi semakin baik melalui kegiatan-kegiatan semisal diskusi mengenai cara mengajar atau dalam pembuatan perangkat-perangkat pembelajaran.

8) Apakah Bapak/Ibu pernah melakukan kegiatan yang melebih target kerja di sekolah?


Pertanyaan ini memiliki hubungan dengan jawaban yang kamu berikan pada saat menulis essai. Olehnya, cukup ceritakan kembali pengalaman tersebut dan pastikan sesuai dengan apa yang kamu tuliskan di essai tersebut.

9) Tolong jelaskan potensi yang Bapak/Ibu miliki!


Pada bagian ini, kamu bisa mengaitkan dengan kelebihan yang kamu miliki. Berikan gambaran bahwa kelebihan yang kamu miliki dapat menjadi potensi bagi pengembanganmu baik dari segi pribadi, untuk siswa dan lingkungan sekolahmu. 

10) Perubahan apa yang telah Bapak/Ibu lakukan selama menjadi seorang guru?


Jawaban yang kamu berikan adalah jawaban kondisi nyata yang telah kamu alami. Tidak perlu perubahan yang besar, cukup beberapa perubahan-perubahan kecil. Misalnya, kamu sudah mulai untuk mengubah metode pengajaran yang kamu lakukan agar siswa tidak bosan. Lebih lanjut, kamu ceritakan metode apa yang kamu maksud serta berikan contohnya.

Selain perubahan terkait pengajaran, kamu juga bisa menecritakan perubahan kecil yang kamu lakukan terkait hubunganmu dengan teman sejawat di sekolah. Misalnya, membuat kajian literatur bersama mengenai perkembangan pendidikan pada mata pelajaran tertentu. 

11) Bagaimana cara Bapak/Ibu untuk dapat meningkatkan kualitas diri sebagai seorang guru?


Kamu dapat menjelaskan beberapa kegiatan-kegiatan yang kamu telah dan akan lakukan. Misalnya, kamu telah mengikuti kegitana PPG dan akan mengikuti seminat-seminat terkait pendidikan baik secara luring maupun daring yang dilakukan atas kemauan sendiri tanpa adanya dorongan dari pihak lain semisal sejawat ataupun pimpinan.

Itulah 11 rangkuman pertanyaan utama seleksi wawancara guru penggerak. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "KUMPULAN PERTANYAAN SELEKSI WAWANCARA GURU PENGGERAK BESERTA PEMBAHASANNYA"

close