Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepada Siapa Meminta Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP ?

surat rekomendasi beasiswa LPDP

Zsmart.id - Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi merupakan idaman bagi setiap pembelajar. Entah itu ingin melanjutkan ke jenjang magister ataupun doktoral. 

Namun, untuk dapat melanjutkan studi, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memudahkan langkah adalah dengan mencari beasiswa pendidikan.

Beasiswa merupakan segala bentuk kemudahan yang diberikan dalam bentuk bantuan dana pendidikan agar dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam ataupun di luar negeri. 

Terdapat banyak beasiswa yang bertebaran di luar sana. Salah satu beasiswa yang menjadi pusat perhatian pengejar beasiswa di tanah air adalah beasiswa LPDP. 

Untuk mendapatkan beasiswa ini tidaklah mudah, hal ini dikarenakan hanya orang-orang yang berkompetensi yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut. 

Terdapat beberapa rangkaian tes yang akan dilalui apabila ingin mencoba beasiswa LPDP ini. Tes meliputi seleksi berkas, seleksi substansi, dan seleksi wawancara. 

Dalam seleksi berkas terdapat beberapa komponen-komponen dokumen yang perlu dipersiapkan seperti dokumen ijazah pendidikan terakhir beserta transkripnya, sertifikat hasil tes bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Salah satu dokumen penting yang perlu dipersiapkan adalah mencari surat rekomendasi beasiswa LPDP. Apa itu surat rekomendasi beasiswa LPDP? 

Surat ini merupakan surat yang berisikan rekomendasi dari orang-orang tertentu yang mengetahui kualitas dan karakter kamu. Namun, beberapa pengejar beasiswa masih merasa bingung kepada siapa harus meminta surat rekomendasi beasiswa? Khususnya, surat rekomendasi beasiswa LPDP?

Untuk menjawab hal tersebut, mungkin langkah ini bisa kamu coba agar dapat memperoleh surat rekomendasi untuk keperluan syarat administrasi beasiswa LPDP. 

1) Meminta ke penasehat akademik. 


Cobalah untuk meminta surat rekomendasi beasiswa di penasehat akademik kamu. Pasalnya, selama melakukan studi jenjang sarjana, penasehat akademik merupakan orang yang betul-betul mengetahui kemampuan akademik mu dengan baik. 

2) Meminta ke pembimbing skripsi/tesis.


Ada kalanya, penasehat akademik tidak menjadi pembimbing skripsi/tesismu. Olehnya, kamu bisa meminta ke dosen pembimbing kamu. Pasalnya, dosen pembimbing kamu yang mengetahui tentang bagaimana kualitas kamu dalam menyelesaikan tugas akhir. 

Serta, mereka juga mengetahui karakter-karakter mu dalam menyelesaiakan skripsi/tesis berupa etos kerja, semangat dan poin-poin lainnya. 

3) Meminta ke dosen di jurusan mu yang memiliki kualitas penelitian yang baik.


Kadangkala, kualitas dari surat rekomendasi beasiswa yang kamu kirimkan bergantung dari siapa yang memberikan rekomendasi. Olehnya, mintalah rekomendasi dari dosen mu yang memiliki track record atau kualitas publikasi yang baik. Sehingga, tim penilai beasiswa tidak akan ragu apabila dosen tersebut yang memberikan rekomendasi.

Pada intinya, dalam mencari surat rekomendasi beasiswa LPDP, pastikan kamu memilih pemberi rekomendasi yang dapat memberikan keterangan yang terbaik mengenai dirimu. Hal itu meliputi dari kemampuan akademik dan non-akademik. Serta, pastikan pemberi rekomendasi memiliki track record yang baik dari segi tridharma perguruan tinggi.

Demikian informasi mengenai orang-orang yang dapat memberikan surat rekomendasi beasiswa khususnya beasiswa LPDP. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Kepada Siapa Meminta Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP ? "

close