Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Difraksi : Teori, Rumus Disertai Latihan Soal Dan Pembahasan

Zsmart.id. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari keberlanjutan dari teori optik yakni optik fisis. Pada bagian ini, kita akan mempelajari beberapa bagian kecil dari fenomena optik fisis yakni interferensi dan difraksi. 

difraksi fisika

A. Materi Difraksi


Dalam bidang optik, difraksi merupakan salah satu sifat dari cahaya yakni melentur. Dalam artian, cahaya dapat mengalami pelenturan atau terdifraksi apabila melewati celah yang sempit. Lebih spesifk, lebar celah ini haruslah se-orde dengan panjang gelombang cahaya yang digunakan. Pada fenomena difraksi di kenal dua jenis yakni difraksi Fresnel dan difraksi Fraunhover. Difraksi Fresnel terjadi pada saat jarak antar sumber cahaya dan layar berada pada jarak yang terukur dan untuk difraksi Fraunhover terjadi saat jarak sumber cahaya dan layar berada pada jarak yang sangat jauh atau dari titik tak berhingga. 

B. Rumus Difraksi


Pada fenomena difraksi, terdapat dua buah kondisi yakni difraksi celah tunggal dan difraksi celah ganda. Pada difraksi celah ganda merupakan bagian dari konsep materi interferensi. Lebih lanjut, untuk celah tunggal berlaku persamaan :

rumus difraksi celah tunggal

atau

rumus difraksi celah tunggal

di mana d merupakan lebar celah (m), y merupakan jarak gelap ke terang pusat (m), L adalah jarak celah ke layar, θ adalah sudut difraksi (rad) dan m merupakan orde gelap difraksi (m=1,2,3,4...) dengan m = 1 menyatakan gelap pertama. 

C. Latihan Soal Difraksi


Sebuah cahaya monokromatik yang panjang gelombangnya 580nm melewati celah tunggal yang lebarnya 0.3mm. Jika jarak celah ke layar adalah 2m. Tentukan jarak gelap pertama ke terang pusat!

Jawaban :

Untuk menentukan jarak gelap pertama (m=1) ke terang pusat maka kita gunakan persamaan : 

rumus difraksi celah tunggal

atau


dengan memasukkan nilai-nilai yang ada pada soal maka diperoleh jarak gelap pertama ke terang pusat adalah 3.87 x 10﹣³m.

Demikian informasi mengenai materi difraksi disertai contoh soal dan pembahasan. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Materi Difraksi : Teori, Rumus Disertai Latihan Soal Dan Pembahasan"

close