Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuasai 10 Kompetensi Yang Dinilai Asesor Saat Seleksi Wawancara PPG Prajabatan Gelombang 3

Zsmart.id. Berikut ini adalah penjelasan mengenai 10 kompetensi yang dinilai selama tes seleksi wawancara untuk PPG Prajabatan Gelombang 3.

10 pertanyaan wawancara ppg prajabatan



1. Membangun Hubungan Kerja Positif (Building Positive Working Relationship) 

Dalam kompetensi Membangun hubungan kerja positif, para asesor bertujuan untuk menemukan kemampuan peserta dalam mengembangkan hubungan dengan rekan kerja dan peserta didik. Peserta akan dinilai berdasarkan kemampuan mereka dalam membangun hubungan positif, tidak hanya dengan rekan kerja, tetapi juga dengan masyarakat.

2. Pelatihan (Coaching) 

Dalam penilaian kompetensi ini, peserta akan diuji dalam kemampuan mereka untuk mengembangkan perilaku dan kompetensi dalam memberikan bimbingan kepada rekan kerja, peserta didik, dan masyarakat.

3. Komunikasi Efektif (Compelling Communication) 

Dalam kompetensi Komunikasi yang Meyakinkan, para asesor akan menilai kemampuan peserta dalam menyampaikan ide dengan jelas dan singkat, serta memastikan bahwa komunikasi mereka dapat dimengerti oleh orang lain.

4. Pembelajaran Berkelanjutan (Continuous Learning) 

Peserta akan dinilai berdasarkan kemauan mereka untuk terus belajar dan kesadaran akan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki. Kompetensi ini juga menilai kemampuan peserta dalam mengelola kelebihan dan kelemahan mereka dengan efektif.

5. Pengambilan Keputusan (Decision Making) 

Para asesor akan menguji kemampuan peserta dalam pengambilan keputusan, termasuk kemampuan mereka dalam membuat keputusan yang terinformasi dan mengumpulkan berbagai solusi untuk mengatasi masalah.

6. Kematangan Etika (Ethical Maturity) 

Dalam kompetensi Kematangan Etika, peserta akan dinilai berdasarkan kematangan berpikir dan berperilaku mereka.

7. Manajemen Waktu dan Sumber Daya (Managing Work) 

Para asesor akan mengevaluasi kemampuan peserta dalam mengelola waktu dan sumber daya di lingkungan mereka, memastikan bahwa mereka dapat menggunakan waktu mereka secara efektif untuk hasil yang lebih baik atau penyelesaian tugas.

8. Misi atau Tujuan (Mission or Purpose) 

Kompetensi ini menilai bagaimana peserta melihat panggilan mereka sebagai pendidik.

9. Ketahanan (Resilience) 

Dalam kompetensi kesembilan, para asesor akan menilai kemampuan peserta untuk bangkit kembali setelah menghadapi kegagalan.

10. Menghargai Perbedaan (Valuing Differences) 

Dalam kompetensi terakhir, peserta akan dinilai berdasarkan cara mereka menghadapi keragaman di sekitar mereka, yang meliputi tidak hanya keragaman budaya tetapi juga keragaman pengetahuan dan ide. Kompetensi ini juga menilai bagaimana peserta menghadapi kegagalan dengan sikap positif.

Demikian informasi mengenai 10 kompetensi yang dinilai asesor saat seleksi wawancara PPG Prajabatan Gelombang 3. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Kuasai 10 Kompetensi Yang Dinilai Asesor Saat Seleksi Wawancara PPG Prajabatan Gelombang 3"

close