Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebuah benda bergetar selama 7 kali dalam waktu 3 detik. Tentukan periode dan frekuensi getaran benda tersebut !

Zsmart. id. - Setelah mempelajari materi tentang konsep dasar getaran, maka kita akan mengerjakan beberapa soal terkait materi ini. 

Untuk soal yang pertama


Sebuah benda bergetar selama 7 kali dalam waktu 3 detik. Tentukan periode dan frekuensi getaran benda tersebut ! 

Pada soal ini kita diberikan informasi mengenai banyaknya benda bergetar yakni sebanyak 7 kali dalam waktu 3 detik. Olehnya, periode benda tersebut dapat ditentukan dengan menggunakan persamaan periode getaran yakni lama waktu benda bergetar (t) dibagi dengan banyaknya getaran yang terjadi (n). Sehingga, periode getarannya adalah 3/7 detik. Adapun untuk menentukan frekuensi getaran benda adalah tidak lain kebalikan dari periode yakni 7/3 Hz. 

Untuk soal yang kedua


Sebuah benda bergetar menurut persamaan y = 2 sin 3π (2t + 1/3). Tentukan kecepatan benda saat bergetar pada waktu 1/12 detik !

Langkah pertama untuk menyelesaikan persoalan ini adalah kita harus mengubah persamaan getaran tersebut ke bentuk persamaan umum getaran seperti yang dijelaskan pada materi sebelumnya (persamaan umum getaran). Maka, persamaan tersebut di atas dapat kita ubah menjadi persamaan umum posisi getaran yakni :

Soal getaran

Berdasarkan persamaan ini, maka kita bisa menentukan persamaan kecepatannya dengan cara melakukan diferensiasi atau turunan persamaan posisi terhadap waktu. Maka diperoleh, 


Setelah menemukan persamaan umum kecepatannya terhadap waktu, maka kita tinggal memasukkan waktu yang diinginkan pada soal yakni kecepatan saat t = 1/12 detik. Maka dengan memasukkan nilai ini ke persamaan kecepatannya maka diperoleh : 

soal getaran

Terlihat bahwa ketika benda bergetar, pada detik ke 1/12 detik, kecepatan benda adalah nol yang menandakan bahwa benda telah berhenti bergetar. 

Demikian pembahasan soal getaran nomor 1 dan 2 pada materi getaran. Semoga bermanfaat! 




Post a Comment for "Sebuah benda bergetar selama 7 kali dalam waktu 3 detik. Tentukan periode dan frekuensi getaran benda tersebut ! "

close