Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Fisika SMA Kelas 11 Optik Geometri : Cermin Datar (Flat Mirror) Lengkap Dengan Contoh Soal dan Pembahasannya

Zsmart.id. Pada kali ini, kita akan mempelajari secara singkat mengenai salah satu cabang dari ilmu fisika yakni optik. Secara umum, optik merupakan cabang ilmu yang secara khusus mempelajari tentang hakikat cahaya. Lebih lanjut, optik terbagi atas dua bagian yakni optik geometri dan optik fisis. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai optik geometri yang mempelajari hakikat cahaya dengan tinjauan analisis bidang atau geometri. Fenomena optik geometri akan kita pelajari dalam bentuk cermin dan prisma. 

A. Materi Cermin Datar (Flat Mirror) 

Pembahasan pertama adalah mengenai cermin datar. Cermin datar merupakan salah satu perangkat optik yang dapat memantulkan cahaya. Secara khusus, cermin datar memantulkan cahaya dengan karakteristik jarak bayangan ke cermin (s') sama dengan jarak antara benda ke cermin (s) serta tinggi bayangannya (h') akan sama dengan tinggi bendanya (h),

cermin datar

Gambar 1. Ilustrasi cermin datar

Jika sinar cahaya datang (i) menuju cermin membentuk sudut Ө tertentu terhadap garis normal (N) maka cahaya akan dipantulkan (r) dengan sudut yang sama besar yakni Ө.

cermin datar
Gambar 2. Ilustrasi pemantulan cahaya pada cermin datar

Berdasarkan gambar 1 di atas, terlihat sifat bayangan yang terjadi adalah maya (berada di belakang cermin), tegak dan sama besar. 

B. Rumus Cermin Datar (Flat Mirror) 


Adapun beberapa persamaan terkait cermin datar adalah bagaimaan kita menentukan jumlah bayangan yang terbentuk dari satu, dua atau lebih cermin datar. Jumlah bayangan yang terbentuk tersebut dapat diketahui dengan menggunakan persamaan :


rumus cermin datar

di mana n merupakan jumlah bayangan yang terbentuk, Ө adalah sudut apit cermin dan A merupakan konstanta dengan nilai 1 apabila 360⁰/Ө bernilai genap dan bernilai 0 apabila 360⁰/Ө bernilai ganjil.

C. Contoh Soal Cermin Datar (Flat Mirror) 


1. Sebuah benda yang memiliki ketinggian 5cm diletakkan sejauh 20cm dari cermin datar. Tentukanlah a) ketinggian bayangan dan b) jarak bayangan diukur dari pusat cermin. 

Jawaban :

Cermin datar memiliki sifat bahwa ketinggian bayangan akan selalu sama dengan ketinggian benda dan jarak bayangan ke cermin akan selalu sama dengan jarak benda ke cermin. Olehnya, ketinggian bayangan adalah 5cm dan jarak bayangan ke cermin adalah 20cm.


2. Dua buah cermin datar digabungkan satu sama lain sehingga membentuk sudut sebesar 90⁰. Jika sebuah benda diletakkan di depan kedua cermin tersebut, tentukan berapa banyak bayangan benda yang akan terbentuk!

Jawaban:

Untuk menjawab soal ini, maka kita tinggal menggunakan persamaan jumlah bayangan di atas, sehingga diperoleh :

rumus cermin datar

rumus cermin datar



terlihat bahwa nilai dari konstanta A bernilai 1 dikarenakan hasil dari 360⁰/Ө bernilai genap yakni 4. Sehingga, diperoleh bahwa jumlah bayangan yang terbentuk adalah sebanyak 3 bayangan.

Demikian informasi mengenai materi optik geometri pada pokok bahasan cermin datar disertai contoh soal dan pembahasan. Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Materi Fisika SMA Kelas 11 Optik Geometri : Cermin Datar (Flat Mirror) Lengkap Dengan Contoh Soal dan Pembahasannya"

close