Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Analisis Numerik : Metode Secant (Teori dan Contoh Kasus)

Zsmart.id - Pada artikel yang lalu mengenai penentuan nilai akar suatu persamaan menggunakan metode Newton-Raphson terlihat bahwa metode ini turunan pertama dari suatu fungsi yang akan dicari nilai akarnya dan pada banyak kasus, tidak mudah untuk menyelesaikan diferensiasi atau turunan berbagai jenis persamaan. Olehnya, kita akan mempelajari metode lainnya yakni Metode Secant (Secant Method).

Analisis Numerik metode secant
sumber: freepik.com

Metode Secant (Secant Method)

Pada metode Secant, turunan fungsi f(x) yakni f'(x) untuk setiap titik xi dapat didekati dengan menggunakan persamaan berikut :

rumus metode secant

yang apanila disederhanakan, dapat dituliskan kembali dan diperoleh :

rumus metode secant

karena fi = f(xi). Maka, persamaan Newton-Raphson dapat dituliskan menjadi persamaan :

Rumus metode secant

sehingga diperoleh persamaan metode Secant yakni :

rumus metode secant

Dimana i = 0, 1, 2, 3, ... dst. Terlihat pada persamaan terakhir ini, kita membutuhkan dua nilai awal untuk mementukan akar-akar persamaan yang dimaksud.

Contoh Kasus

1) Dengan menggunakan metode Secant, tentukan nilai akar dari persamaan berikut :

contoh metode secant

dengan mengambil nilai awal 2 dan 3!

Solusi :

Pada soal kita diberikan nilai awal x-1 = 2 dan x0 = 3. Langkah selanjutnya, dengan menggunakan persamaan Secant, maka kita harus mencari nilai dari f(x-1) dan f(x0). Maka diperoleh untuk f(x-1) = -1 dan f(x0) = 16. Dengan menggunakan persamaan Secant untuk i = 0 kita peroleh :

rumus metode secant

contoh soal metode secant

Lebih lanjut, diperoleh f(x1) = f1 = -0.390799923. Dengan mengganti i = 1 pada persamaan metode Secant diperoleh nilai x2, yakni :

contoh soal metode secant

Dengan mengulangi langkah yang sama, maka akan diperoleh nilai untuk x3 yakni 2.094824145 yang teliti hingga tiga angka penting.

2) Dengan menggunakan metode Secant, tentukan nilai akar dari persamaan berikut :

contoh soal metode Secant

dengan nilai awal 0 dan 1 !

Solusi : 

Pada soal di atas, kita diberikan nilai awal x0 = 1 dan x1 = 1. Maka nilai f(0) = -1 dan nilai dari f(1) = f1 = 1.71828. Maka, dengan menggunakan persamaan metode Secant kita dapat mendapatkan nilai dari x2 yakni :

rumus metode secant

contoh soal metode secant

contoh soal metode secant

Jika langkah ini kembali diulangi maka akan diperoleh nilai x3 = 0.50332, x4 = 0.57861, x5 = 0.56653 dan x6 = 0.56714. Terlihat bahwa hasil akhir sesuai dengan nilai eksak hingga empat angka dibelakang koma.

Demikian informasi mengenai cara menentukan nilai akar dari suatu persamaan f(x) = 0 menggunakan metode Secant. Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "Analisis Numerik : Metode Secant (Teori dan Contoh Kasus)"

close