Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Momentum Linear Dalam Fisika, Contoh Soal dan Aplikasinya Dalam Kehidupan

contoh peristiwa momentum fisika
sumber: freepik.com

Zsmart.id. - Momentum merupakan peristiwa yang banyak kaitannya dalam kehidupan sehari - hari. Dalam cabang ilmu fisika, momentum secara kasar dapat diartikan sebagai tinjauan interaksi antara dua atau lebih benda atau partikel. Dalam materi ini, kita akan mempelajari mengenai pengertian momentum, rumus momentum serta aplikasi momentum dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Momentum Linear

Dalam buku Physics for Scientists and Engineers yang disusun oleh Raymond A. Serway dan John W.  Jewett (2004) momentum linear dapat didefinisikan ke dalam bentuk matematis yakni hasil perkalian antara massa m dengan kecepatan geraknya v yang dapat dituliskan ke dalam bentuk persamaan berikut :

rumus momentum linear

terlihat bahwa momentum linear merupakan besaran vektor dikarenakan besaran skalar yakni massa m dikenai perkalian titik dengan vektor kecepatan v. Momentum linear itu sendiri memiliki satuan kgm/s. Jika suatu benda bergerak dalam arah sembarang, maka momentum linear benda tersebut akan memiliki tiga buah komponen yang tersebar yakni :

rumus momentum linear

yang merupakan komponen momentum p dalam arah sumbu x,y dan z. 

Hubungan Momentum Linear Dengan Hukum II Newton

Sekarang kita akan mencoba menemukan hubungan atau keterkaitan antara momentum linear dengan hukum - hukum Newton. Dengan menggunakan hukum II Newton kita bisa mengetahui bagaimana hubungannya dengan momentum. Hukum II Newton dan momentum linear dapat dituliskan ke dalam bentuk persamaan berikut :

rumus hukum II Newton

rumus momentum

sehingga, dari persamaan terakhir ini kita dapat melihat bahwa gaya merupakan perubahan laju momentum benda terhadap waktu. 

Hukum Kekekalan Momentum Linear

Misalkan terdapat dua buah massa m dan m yang bergerak dengan kecepatan v₁ dan v. Untuk sistem yang terisolasi, maka hanya ada gaya interaksi antara kedua massa tersebut saja yakni F₁₂ dan F. Kedua buah gaya ini sama besar sehingga resultan gaya-gaya tersebut akan bernilai nol.

rumus momentum dan gaya

karena gaya dapat juga dituliskan sebagai laju perubahan momentum, maka kita peroleh persamaan lainnya yakni :

rumus kekekalan momentum

terlihat dari persamaan di atas bahwa turunan dari penjumlahan total momentum p dan p₂ bernilai nol, maka momentum total tersebut haruslah bernilai konstan atau tetap. Sehingga, jika terdapat dua buah keadaan yakni keadaan awal dan keadaan akhir maka dapat dituliskan :

rumus hukum kekekalan  momentum linear

rumus hukum kekekalan momentum linear

persamaan inilah yang biasa kita kenal sebagai rumus hukum kekekalan momentum linear benda. Sehingga dapat kita tuliskan bahwa dalam keadaan terisolasi maka momentum akhir sistem akan selalu sama dengan momentum awalnya.

Aplikasi Momentum Linear Dalam Kehidupan

Dalam praktiknya, fenomena momentum linear dapat kita amati dalam berbagai bidang misalnya dalam bidang olahraga yakni biliard dan baseball, dalam bidang persenjataan, dan transportasi. 

Latihan Soal Momentum Linear

Sebuah bola bermassa 250gr dilemparkan ke arah kanan dengan kecepatan 25m/s menuju tembok yang diam. Bola tersebut kemudian memantul dengan kecepatan 15m/s. Tentukan besar perubahan momentum bola tersebut !
Jawaban:

Untuk menjawab soal ini kita harus mengetahui bahwa momentum merupakan besaran vektor. Olehnya, kita harus mengerjakan juga secara vektor. Kita misalkan arah bola menuju tembok adalah positif dan arah saat bola memantul dari tembok adalah negait. Maka kita bisa menentukan momentum awal dan akhir dari benda tersebut yakni :

soal momentum linear

latihan soal momentum linear

terlihat bahwa momentum akhir bernilai negatif yang berarti bahwa bola bergerak berlawanan arah dengan arah datangnya semula. Sehingga besar perubahan momentum bola tersebut adalah :

soal momentum fisika

Demikian informasi materi mengenai pengertian momentum linear yang disertai dengan contoh soal dan aplikasinya dalam kehidupan. Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "Pengertian Momentum Linear Dalam Fisika, Contoh Soal dan Aplikasinya Dalam Kehidupan"

close