Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Rumus Dasar Gerak Rotasi atau Gerak Melingkar Pada Benda - Kinematika Rotasi

Zsmart.id - Pada cabang ilmu kinematika, kita telah mempelajari bagaimana gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan atau percepatan yang konstan/tetap. Pada Materi ini kita akan mempelajari tentang benda yang bergerak melingkar terkhusus pada pengertian dan rumus gerak rotasi benda yang bergerak.

contoh gerak rotasi atau gerak melingkar
sumber : freepik.com

Pengertian Gerak Rotasi

Gerak melingkat merupakan gerak benda dalam bidang yang lintasannya berupa lingkaran. Dalam buku Physics for Scientists and Engineers oleh Serwey dan Jewett (2004) menyebatukan bahwa terdapat tiga buah besaran dasar yang perlu diketahui mengenai gerak melingkat ini yakni jejari lintasan gerak benda dari pusat lingkaran (r), posisi sudut benda (θ) dan perpindahan benda (s). Semua besaran dasar tersebut dihubungkan melalui persamaan : 

rumus gerak melingkar

terlihat bahwa sudut persamaan di atas tidaklah berdimensi. Namun, pada umumnya sudut tersebut memiliki satuan radian (rad). Lebih lanjut, satu radian didefinisikan sebagai sudut pada saat perpindahan benda (s) bernilai sama dengan jejari benda dari pusat lingkaran (r). Diketahui bahwa keliling lingkaran adalah 2πr maka 1 rad = 57.3॰. Sehingga, untuk melakukan konversi satuan dari derajat ke radian atau radian ke derajat, maka dapat diketahui dengan menggunakan persamaan :

rumus mengubah derajat ke radian dan radian ke derajat

sebagai contoh, jika nilai sudut dalam derajat adalah 60॰, maka dalam radian adalah π/3 radian.

Rumus - Rumus Dasar Dalam Gerak Rotasi

Dalam gerak melingkar terdapat beberapa besaran-besaran kinematika yang perlu diketahui yakni, posisi sudut, kecepatan sudut dan percepatan sudut. 

Perpindahan Sudut

Perpindahan sudut (θ) dalam gerak rotasi merupakan perubahan posisi sudut benda dari keadaan akhir ke keadaan awal selama selang waktu tertentu. Pernyataan ini, secara matematis dituliskan ke dalam bentuk persamaan :

rumus perpindahan sudut pada gerak melingkar

Kecepatan Sudut Rata-Rata

Kecepatan sudut rata-rata (ω) didefinisikan sebagai perubahan posisi sudut benda pada selang waktu tertentu. Pernyataan ini dapat dituliskan ke dalam bentuk persamaan :

rumus kecepatan sudut rata-rata pada gerak melingkar

Kecepatan Sudut Sesaat

Kecepatan sudut sesaat (ω) didefinisikan sebagai besar kecepatan sudut benda saat waktu mendekati nol. Pernyataan ini dituliskan ke dalam bentuk persamaan :

rumus kecepatan sudut sesaat pada gerak melingkar

kecepatan sudut pada umumnya memiliki satuan rad/s, namun karena radian tidak berdimensi dapat juga dituliskan sebagai s-. 

Percepatan Sudut Rata-Rata

Perceoatan sudut rata-rata (α) didefinisikan sebagai perubahan kecepatan sudut benda pada selang waktu tertentu. Pernyataan ini dapat dituliskan ke dalam bentuk persamaan :

rumus percepatan sudut rata-rata pada gerak melingkar

Percepatan Sudut Sesaat

Percepatan sudut sesaat (α) didefinisikan sebagai besar kecepatan sudut benda saat waktu mendekati nol. Pernyataan ini dituliskan ke dalam bentuk persamaan :

rumus percepatan sudut sesaat pada gerak melingkar

Kesimpulan

Berdasarkan materi yang telah kita pelajari mengenai pengertian dan rumus dasar pada gerak rotasi atau gerak melingkat kita mengetahui terdapat tiga buah besaran dasar yakni posisi sudut, perpindahan dan jejari lingkaran. Lebih lanjut, kita dapat melakukan konversi besaran sudut radian ke derajat lalu derajat ke radian serta mengetahui rumus-rumus gerak dasar pada gerak rotasi atau melingkar. Semoga informasi ini bermanfaat !









Post a Comment for "Pengertian dan Rumus Dasar Gerak Rotasi atau Gerak Melingkar Pada Benda - Kinematika Rotasi"

close