Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelompok Guru SMPN 1 Sungguminasa Mendapatkan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA

Zsmart.id. Dalam era digitalisasi sekarang ini, pemanfaatan teknologi memainkan peranan penting untuk semua lini kehidupan. Begitupun dalam dunia pendidikan di mana para tenaga pengajar diharapkan dapat menerapkan dan memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk kepentingan proses pembelajaran.  Sehingga, diharapkan akan meningkatkan motivasi dan ketertarikan peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari.

Kelompok Guru SMPN 1 Sungguminasa Mendapatkan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA
Suasana diskusi santai terkait pelatihan yang dilaksanakan

Mendukung hal ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri atas Vicran Zharvan, S.Si., M.Si., Prof. Dr. Eko Hadi Sujiono, M.Si dan Dra. Nurhayati, M.Si yang berasal dari Jurusan Fisika FMIPA UNM melakukan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran IPA menggunakan perangkat lunak Diamond untuk meningkatkan kemampuan softskill dan hardskill dalam proses pembelajaran yang berlangsung di SMPN 1 Sungguminasa dengan mitra kelompok guru pada sekolah tersebut. 

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, para mitra dalam hal ini kelompok guru pada sekolah diberikan pelatihan bagaimana cara melakukan visualisasi dalam bentuk animasi untuk menggambarkan susunan-susunan atom dalam padatan misalnya emas, perak, alumunium dan sebagainya. Adapun luaran yang dihasilkan dalam pelatihan ini adalah diharapkan mitra dapat memanfaatkan perangkat lunak tersebut untuk membantu dalam pembelajaran IPA khususnya sifat materi zat padat. 

Kelompok Guru SMPN 1 Sungguminasa Mendapatkan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA
Suasana kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran

Sejalan dengan kegiatan yang dilakukan, kepala sekolah SMPN 1 Sungguminasa yakni Bakri, S.Pd., S.H., M.H memberikan respon positif kegiatan yang dilakukan. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan agar para guru-guru dapat memanfaatkan dengan baik materi yang diberikan serta dapat memanfaatkan sehingga mendukung implementasi kurikulum merdeka. Lebih lanjut, beliau mengharapkan agar kegiatan-kegiatan tersebut dapat kembali dilaksanakan dengan mengusung topik yang berbeda untuk menunjang keterampilan tenaga pengajar di SMPN 1 Sungguminasa. 



Post a Comment for "Kelompok Guru SMPN 1 Sungguminasa Mendapatkan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA"

close