Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bongkahan Kapal Selam Titan Telah Ditemukan!


Zsmart.id. Pada hari Rabu, robot laut membawa puing-puing dari kapal selam Titan ke daratan saat Garda Pantai AS melanjutkan operasi pemulihan setelah terjadinya implosi yang fatal pada kapal selam tersebut.

Puing-puing kapal selam Titan terlihat dalam gambar untuk pertama kalinya setelah Garda Pantai mengumumkan pada tanggal 22 Juni bahwa kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) menemukan ruang kapal selam tersebut di tengah tumpukan puing sejauh 1.600 kaki dari bagian depan Titanic, sekitar 12.000 kaki di bawah permukaan laut.

Pelagic Research Services, perusahaan yang mengoperasikan ROV yang menemukan puing-puing sebelumnya, mengumumkan pada hari Rabu bahwa tim mereka telah berhasil menyelesaikan operasi di lepas pantai dan saat ini sedang dalam proses demobilisasi setelah bekerja selama 10 hari. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa konferensi pers akan diadakan nanti dalam hari itu.

Foto-foto dari dermaga menunjukkan beberapa potongan kapal selam yang diangkat dari kapal, termasuk hidung dengan jendela bulat yang khas. Potongan-potongan tersebut dibongkar dari kapal-kapal Amerika, Sycamore dan Horizon Arctic, di pelabuhan di St John's, Newfoundland.

Garda Pantai AS menolak untuk memberikan komentar mengenai penyelidikan atau pengembalian puing-puing ke daratan. Perwakilan dari National Transportation Safety Board dan Transportation Safety Board of Canada (TSB), yang keduanya terlibat dalam penyelidikan, juga menolak untuk memberikan komentar.

"Liam MacDonald, juru bicara TSB, mengatakan, "Kami tidak dapat memberikan informasi tambahan saat ini karena penyelidikan masih berlangsung."

Beberapa jam kemudian, Garda Pantai mengumumkan bahwa "sisa-sisa manusia yang diduga" telah ditemukan di dasar laut. Sisa-sisa tersebut akan dianalisis secara resmi.

CEO perusahaan yang mengoperasikan kapal selam Titan, Stockton Rush, miliarder asal Inggris, Hamish Harding, penyelam terkenal asal Prancis, Paul-Henri Nargeolet, dan pengusaha asal Pakistan, Shahzada Dawood, beserta putranya yang berusia 19 tahun, Suleman, berada di dalam kapal selam Titan saat terjadi implosi pekan lalu.

Kapal selam tersebut kehilangan kontak dengan kapal induknya, Polar Prince, hanya satu jam dan 45 menit setelah memulai penyelaman menuju reruntuhan Titanic pada tanggal 18 Juni, yang memicu pencarian intensif selama empat hari. Otoritas maritim dan para ahli dari Kanada, Amerika, dan Prancis menjelajahi sebagian besar wilayah samudra dengan harapan menemukan tanda-tanda kehidupan, sebelum terjadi perkembangan tragis pada tanggal 22 Juni.

Garda Pantai mengatakan pekan lalu bahwa Angkatan Laut AS telah mendeteksi suara yang sesuai dengan "implosi atau ledakan" setelah kapal selam tersebut menghilang dan sebelum upaya penyelamatan diluncurkan. Upaya penyelamatan tetap berlanjut pada saat itu karena informasinya belum pasti, kata Garda Pantai.

Sekarang, sekelompok lembaga internasional sedang menyelidiki penyebab kapal selam tersebut mengalami implosi, dan pejabat maritim AS mengatakan bahwa mereka akan menerbitkan laporan yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan kapal selam di seluruh dunia.

Garda Pantai mengatakan akhir pekan lalu bahwa operasi pemulihan masih berlangsung, tetapi pemulihan jenazah akan sulit dilakukan karena kondisi yang tidak memungkinkan di dasar laut. Laporan akhir akan diterbitkan oleh Organisasi Maritim Internasional.

Post a Comment for "Bongkahan Kapal Selam Titan Telah Ditemukan! "

close