Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Gelombang Tali Beserta Pembahasannya

Zsmart.id. Berikut 15 soal gelombang tali beserta pembahasannya dengan topik gelombang tali ujung bebas, ujung terikat dan Hukum Melde. Silahkan mengerjakan secara mandiri terlebih dahulu lalu cocokkan dengan pembahasan. 

15 Soal Gelombang Tali Beserta Pembahasannya

1. Sebuah tali dengan panjang 2 meter dipegang pada ujungnya dan digetarkan sehingga terbentuk gelombang berdiri dengan simpangan maksimum sebesar 0,3 meter. Hitunglah panjang gelombangnya!

2. Sebuah tali dengan massa jenis 0,02 kg/m diikat pada ujungnya dan digetarkan pada frekuensi 60 Hz. Jika kecepatan gelombang di tali adalah 30 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

3. Sebuah tali dengan massa jenis 0,01 kg/m diikat pada ujungnya dan digetarkan pada frekuensi 100 Hz. Jika kecepatan gelombang di tali adalah 20 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

4. Sebuah tali dengan panjang 4 meter dipegang pada ujungnya dan digetarkan sehingga terbentuk gelombang berdiri dengan simpangan maksimum sebesar 0,2 meter. Berapakah simpangan pada setengah panjang gelombang?

5. Sebuah tali dengan massa jenis 0,04 kg/m diikat pada ujungnya dan digetarkan pada frekuensi 80 Hz. Jika kecepatan gelombang di tali adalah 40 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

6. Sebuah tali dengan panjang 5 meter dipegang pada ujungnya dan digetarkan sehingga terbentuk gelombang berdiri dengan simpangan maksimum sebesar 0,4 meter. Hitunglah simpangan pada seperempat panjang gelombang!

7. Sebuah tali dengan massa jenis 0,03 kg/m diikat pada ujungnya dan digetarkan pada frekuensi 120 Hz. Jika kecepatan gelombang di tali adalah 25 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

8. Sebuah tali dengan panjang 3 meter dipegang pada ujungnya dan digetarkan sehingga terbentuk gelombang berdiri dengan simpangan maksimum sebesar 0,1 meter. Hitunglah simpangan pada sepertiga panjang gelombang!

9. Sebuah tali dengan massa jenis 0,05 kg/m diikat pada ujungnya dan digetarkan pada frekuensi 90 Hz. Jika kecepatan gelombang di tali adalah 35 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

10. Sebuah tali dengan panjang 6 meter dipegang pada ujungnya dan digetarkan sehingga terbentuk gelombang berdiri dengan simpangan maksimum sebesar 0,3 meter. Berapakah simpangan pada seperlima panjang gelombang?

11. Sebuah tali dengan massa jenis 0,01 kg/m diikat pada ujungnya dan digetarkan pada frekuensi 100 Hz. Jika kecepatan gelombang di tali adalah 20 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

12. Sebuah tali dengan panjang 4 meter dipegang pada ujungnya dan digetarkan sehingga terbentuk gelombang berdiri dengan simpangan maksimum sebesar 0,2 meter. Hitunglah simpangan pada sepertiga panjang gelombang!

13. Sebuah tali dengan massa jenis 0,03 kg/m diikat pada ujungnya dan digetarkan pada frekuensi 120 Hz. Jika kecepatan gelombang di tali adalah 25 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

14. Sebuah tali dengan panjang 5 meter dipegang pada ujungnya dan digetarkan sehingga terbentuk gelombang berdiri dengan simpangan maksimum sebesar 0,4 meter. Hitunglah simpangan pada seperenam panjang gelombang!

15. Sebuah tali dengan massa jenis 0,04 kg/m diikat pada ujungnya dan digetarkan pada frekuensi 80 Hz. Jika kecepatan gelombang di tali adalah 40 m/s, berapakah panjang gelombangnya?

Untuk pembahasan 15 soal gelombang tali, silahkan lihat pada tautan berikut : Pembahasan 15 soal gelombang tali nomor : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14 dan 15.

Post a Comment for "15 Soal Gelombang Tali Beserta Pembahasannya"

close