Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dari keadaan diam, benda tegar melakukan gerak rotasi dengan percepatan sudut 15 rad/s2. Titik A berada pada benda tersebut, berjarak 10 cm dari sumbu putar. Tepat setelah benda berotasi selama 0,4 sekon, berapakah percepatan total titik A?


latihan soal fisika gerak melingkar
Latihan Soal Fisika Materi : Gerak Melingkar (Fisika Untuk SMA dan MA Kelas XI /Sri Handayani dan Ari Damari/ Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional) 

Dari keadaan diam, benda tegar melakukan gerak rotasi dengan percepatan sudut 15 rad/s². Titik A berada pada benda tersebut, berjarak 10 cm dari sumbu putar. Tepat setelah benda berotasi selama 0,4 sekon, berapakah percepatan total titik A?

Jawaban :

Soal di atas merupakan tipe soal gerak melingkar. Kita diberikan informasi mengenai percepatan sudut dari sistem yang tetap besarnya yakni 15 rad/s². Lalu kita diminta untuk menentukan percepatan total titik A yang berjarak 10cm dari sumbu putar sistem ketika titik A telah bergerak selama 0.4 detik.

Langkah pertama, kita mencari terlebih dahulu berapa percepatan tangensial pada titik A yang berada pada jarak 10cm atau 0.1m dari sumbu putar. Percepatan tangensial ini dapat diketahui dengan menggunakan persamaan berikut :


dengan α merupakan percepatan sudut sistem dan R adalah jarak titik A dari sumbu putar. Sehingga diperoleh:

percepatan tangensial

dari hasil ini terlihat bahwa besar percepatan tangensial titik A tersebut adalah 1.5m/s².

Selanjutnya, kita akan mencari berapa kecepatan sudut titik A setelah bergerak selama 0.4detik. Pada soal dikatakan dalam keadaan diam, berarti nilai kecepatan sudut awal titik A adalah bernilai 0 atau ω₀ = 0. Maka, kecepatan sudut titik A setelah bergerak selama 0.4 detik dapat diketahui dengan menggunakan persamaan :

rumus kecepatan sudut

dengan memasukkan nilai percepatan sudut dan waktu ke persamaan di atas, maka diperoleh nilai kecepatan sudut titik A setelah bergerak selama 0.4 detik adalah :

rumus kecepatan sudut

Sehingga, besar percepatan linear titik A yang berada 0.1m dari sumbu putar sistem setelah bergerak selama 0.4 detik dapat diketahui dengan menggunakan persamaan :

rumus percepatan linear

dengan memasukkan nilai kecepatan sudut dan posisi titik A maka diperoleh : 

percepatan linear

karena kita telah menemukan percepatan tangensial dan percepatan linear maka percepatan total dapat diketahui dengan menggunakan persamaan :

percepatan total gerak melingkar

dengan memasukkan nilai percepatan tangensial dan percepatan linear yang telah diperoleh ke persamaan di atas, maka didapatkan besar percepatan total di titik A yang berada pada jarak 10cm dari sumbu putar setelah bergerak selama 0.4 detik adalah :


Demikian pembahasan soal kali ini mengenai gerak melingkar. Semoga bermanfaat! 

Post a Comment for "Dari keadaan diam, benda tegar melakukan gerak rotasi dengan percepatan sudut 15 rad/s2. Titik A berada pada benda tersebut, berjarak 10 cm dari sumbu putar. Tepat setelah benda berotasi selama 0,4 sekon, berapakah percepatan total titik A?"

close