Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Direvisi, Cuti Bersama Idul Fitri Maju Lebih Awal. Cek Tanggalnya!

Zsmart.id. Bulan puasa merupakan bulan yang penuh ampunan. Ibadah tahunan umat Islam ini merupakan ibadah yang paling ditunggu-tunggu dikarenakan banyaknya sumber-sumber pahala yang dilipatgandakan apabila dilakukan pada bulan Ramadhan tersebut. Jika dilihat dari sisi budaya, bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang banyak digunakan untuk melakukan ritual menjalin silaturahmi dalam bentuk pulang kampung atau mudik. 


Fenomena mudik ini sudah mulai terlihat pada akhir-akhir Ramadhan terkhusus pada 10 hari terakhir. Yah, pada saat ini warga sudah mulai untuk mempersiapkan perbekalan untuk pulang ke kampung halaman setalah merantau di kota orang untuk meningkatkan kualitas hidup. Untuk itu, pemerintah Indonesia melakukan kebijakan khusus untuk memfasilitasi fenomena ini agar mudik dapat berjalan dengan lancar dan baik. Misalnya, mulai untuk memperbaiki mode transportasi baik darat, laut dan udara serta mengatur waktu-waktu terbaik untuk mudik. 

Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri mengeluarkan surat keputusan terkait hari libur dan cuti bersama nomor 1066 Tahun 2022. Adapun cuti yang dimaksud pada bulan Ramadhan kali ini adalah pada tanggal 21, 24, 25 dan 26 April 2023. Namun, hari cuti Idul Fitri  tersebut direvisi sesuai dengan SK Nomor 327 Tahun 2023 yang menyatakan bahwa hari cuti bersama Idul Fitri dimajukan dan ditambah sehari menjadi tanggal 19, 20, 21, 24 dan 25 April 2023.

Pergeseran tanggal ini dimaksudkan agar para pemudik dapat mudik lebih awal guna menghindari penumpukan massa pada puncak mudik. Akibatnya, warga akan merasa nyaman dan dapat bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman dengan penuh suka cita. 

sumber : setkab.go.id

Post a Comment for "Direvisi, Cuti Bersama Idul Fitri Maju Lebih Awal. Cek Tanggalnya! "

close