Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Gelombang



Zsmart.id. Karakteristik gelombang merupakan salah satu bagian yang membahas mengenai ciri, jenis dan sifat-sifat dari sebuah gelombang. Setelah mempelajari dan mendiskusikan berbagai informasi mengenai karakteristik gelombang, silahkan untuk mengerjakan latihan soal yang diberikan:

Definisi

Gelombang secara umum dikatakan sebagai rambatan energi. Energi yang diberikan pada media tertentu akan meneruskan energi tersebut dalam bentuk gelombang. Contoh yang paling sederhana mengenai hal ini adalah ketika kita melemparkan batu di atas air yang tenang maka air akan meneruskan energi yang diberikan padanya dalam bentuk gelombang.

Klasifikasi gelombang

Berdasarkan karakteristik gelombang, gelombang dapat diklasifikasikan ke dalam bentuk berikut :

a) Berdasarkan amplitudo, gelombang terbagi atas gelombang berjalan dan gelombang berdiri. Gelombang berjalan merupakan gelombang yang amplitudonya tetap, sedangkan gelombang berdiri merupakan gelombang yang amplitudonya berubah-ubah.

b) Berdasarkan arah getarnya, gelombang terbagi atas gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal merupakan gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambat gelombang. Sedangkan gelombang longitudinal merupakan gelombang yang arah getarnya sejajar dengan arah rambat gelombang.

c) Berdasarkan mediumnya, gelombang terbagi atas gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik memerlukan medium untuk merambat misalnya gelombang bunyi, tali, air sedangkan gelombang elektromagnetik dapat merambat dengan atau tanpa medium misalnya cahaya matahari, gelombang radio, gelombang inframerah dan sebagainya,

Sifat-sifat gelombang

Terdapat beberapa sifat yang dimilki oleh gelombang, yakni :

a) Refleksi, merupakan sifat gelombang bahwa gelombang dapat dipantulkan. 

b) Refraksi, merupakan sifat gelombang bahwa gelombang dapat dibiasikan.

c) Interferensi, merupakan sifat gelombang bahwa dua atau lebih gelombang dapat bergabung menjadi sebuah gelombang yang baru.

d) Difraksi, merupakan sifat gelombang bahwa gelombang dapat mengalami proses pelenturan.

e) Polarisasi, merupakan sifat gelombang bahwa gelombang dapat mengalami proses perubahan arah rambat gelombang yang acak menjadi satu arah.

Besaran-besaran dasar gelombang

Terdapat beberapa besaran-besaran dasar yang perlu diketahui mengenai gelombang, yakni :

a) Amplitudo, merupakan simpangan terjauh dari sebuah gelombang.

b) Simpangan, merupakan jarak suatu titik tertentu gelombang dari titik keseimbangannya.

c) Panjang gelombang, merupakan panjang dari satu buah gelombang.

d) Frekuensi gelombang, merupakan banyaknya gelombang yang teramati dalam waktu satu detik.

e) Periode gelombang, merupakan waktu yang diperlukan untuk terjadinya satu buah gelombang.




Persamaan umum gelombang

Terdapat empat besaran dasar mengenai gelombang yang perlu diketahui yakni frekuensi, periode, panjang gelombang dan cepat rambat gelombang. Ke-empat besaran tersebut dihubungkan dengan persamaan dasar gelombang yang dapat dituliskan ke bentuk persamaan berikut :


dimana v merupakan cepat rambat gelombang (m/s), f adalah frekuensi gelombang (Hz), T adalah periode gelombang (s) dan λ merupakan panjang gelombang (m). 

Latihan Soal

Setelah mengetahui informasi singkat mengenai karakteristik gelombang, silahkan mengerjakan latihan soal berikut !



Sekian informasi mengenai karakteristik gelombang. Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "Karakteristik Gelombang"

close