Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Evaluasi Materi Gelombang dan Optik - Bagian 1



Silahkan mengerjakan soal-soal berikut !
  1. Sebuah bandul sederhana dengan massa beban 250gr memiliki panjang 85cm disimpangkan dengan sudut tertentu sehingga mengalami gerak harmonis. Jika percepatan gravitasi 9.8m/s². Tentukan periode dari bandul tersebut !

  2. Suatu pegas dengan konstanta k diberikan beban pada ujungnya yang bermassa m. Pegas kemudian ditarik dengan gaya F lalu dilepaskan sehingga sistem bergerak harmonis. Tentukan periode pegas jika konstanta pegas diubah menjadi 4 kali semula dan massa beban menjadi 1/4 kali semula !

  3. Suatu pegas memiliki konstanta pegas k yang diberikan beban pada ujungnya yang bermassa M lalu ditarik sejauh x pada permukaan yang licin. Tentukan frekuensi osilasi pegas sebagai fungsi dari k, M dan x!

  4. Suatu partikel berosilasi harmonik sesuai persamaan x(t) = 0.4 sin (2t) di mana x dan t dalam satuan SI. Tentukan a) kecepatan partikel setelah bergerak selama 4 detik dan b) percepatan maksimum partikel !

  5. Tali digetarkan secara harmonis dan didapatkan bahwa dari titik A ke B yang berjarak 1.5m terdapat 4 simpul. Tentukan frekuensi gelombang jika kecepatan rambat gelombang 20cm/s !

  6. Suatu gelombang berjalan memenuhi persamaan x(t) = 0.2 sin π (4x-8t) di mana x dan t dalam satuan SI. Tentukan : a) amplitudo, b) frekuensi gelombang, c) panjang gelombang dan d) cepat rambat gelombang !

  7. Sebuah tali bermassa 2gr dengan panjang 85cm digantungkan beban bermassa 125gr lalu digetarkan sehingga tercapai gelombang berdiri. Tentukan cepat rambat gelombang tersebut !

  8. Jelaskan karakteristik dasar gelombang !

Post a Comment for "Evaluasi Materi Gelombang dan Optik - Bagian 1"

close