Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebuah bandul yang panjang talinya L memiliki frekuensi sebesar f. Jika panjang tali menjadi 4 kali semula, tentukan frekuensi bandul sekarang!



Sebuah bandul yang panjang talinya L memiliki frekuensi sebesar f. Jika panjang tali menjadi 4 kali semula, tentukan frekuensi bandul sekarang!

Solusi:

Soal ini merupakan tipe soal perbandingan pada materi getaran khususnya gerak harmonis sederhana. Pada soal, diberikan informasi mengenai perubahan dua buah besaran yakni panjang tali dan frekuensi. Lebih khusus, kita ingin mengetahui begaimana pengaruh perubahan panjang tali bandul terhadap frekuensi bandul yang dihasilkan. Oleh sebab itu, kita dapat melihat hubungannya berdasarkan persamaan frekuensi pada bandul sederhana berikut :

 

dengan f merupakan frekuensi bandul (Hz), g adalah percepatan gravitasi (9.8m/s²) dan l merupakan panjang tali bandul (m). Berdasarkan persamaan ini terlihat bahwa frekuensi bandul berbanding terbalik terhadap akan panjang tali. Secara matematis dapat ditulis ke dalam bentuk persamaan berikut :

 

maka kita sekarang dapat melakukan perbandingan dari kedua besaran tersebut yakni frekuensi dan panjang tali. Untuk kasus kita, frekuensi awal f₁ bernilai f, panjang tali awal l₁ bernilai l, panjang tali l₂ bernilai empat kali panjang tali awal l₂=4l. Sehingga dapat dituliskan :





Sehingga, berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa saat panjang bandul dijadikan empat kali panjang semula maka frekuensinya akan menjadi setengah frekuensi semula. 

Post a Comment for "Sebuah bandul yang panjang talinya L memiliki frekuensi sebesar f. Jika panjang tali menjadi 4 kali semula, tentukan frekuensi bandul sekarang! "

close