Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sebuah bola (m=200gr) dilemparkan ke atas dengan kecepatan 25m/s. Tentukan a) lama benda berada di udara dan b) energi kinetik benda saat bergerak selama 2 detik!



Sebuah bola (m=200gr) dilemparkan ke atas dengan kecepatan 25m/s. Tentukan a) lama benda berada di udara dan b) energi kinetik benda saat bergerak selama 2 detik! 

Solusi :

Soal jenis ini merupakan soal gerak vertikal ke atas. Kita tentukan dahulu waktu maksimum benda untuk mencapai titik tertinggi. Pada titik tertinggi, kecepatan akhir benda bernilai nol sehingga dengan menggunakan persamaan GLBB kita dapat menentukan waktu untuk mencapai ketinggian tersebut berdasarkan persamaan berikut : 


dengan memasukkan syarat bahwa ketinggian maksimum kecepatan akhir benda bernilai nol, maka persamaan di atas menjadi :


dengan memasukkan nilai v₀ dan nilai percepatan gravitasi g = 9.8m/s² maka diperoleh nilai waktu untuk mencapai ketinggian maksimum adalah 2.5 detik. Adapun lama waktu benda berada di udara adalah dua kali waktu untuk mencapai ketinggian maksimum yakni 5.0 detik. 

Pada soal bagian b) kecepatan benda saat bergerak selama 2 detik dapat kita tentukan dengan persamaan pertama di atas : 


dengan memasukkan nilai v₀, g dan t (2 detik) maka akan diperoleh nilai kecepatan benda saat bergerak selama 2 detik adalah 5.4m/s. Kemudian dengan menggunakan persamaan energi kinetik :


mengingat massa benda adalah 0.2kg maka diperoleh nilai energi kinetik benda adalah 2.9 J. 

Demikian informasi mengenai pembahasan soal materi gerak vertikal. Semoga bermanfaat! 

Post a Comment for "Sebuah bola (m=200gr) dilemparkan ke atas dengan kecepatan 25m/s. Tentukan a) lama benda berada di udara dan b) energi kinetik benda saat bergerak selama 2 detik! "

close