Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan Soal Ujian Akhir Semester Fisika Dasar IPA


Zsmart.id. Pada kesempatan ini, kita akan membahas soal ujian akhir semester pada mata kuliah fisiak dasar untuk program studi pendidikan IPA
  1. Dua buah titik A dan B terpisah pada jarak 3cm di dalam sebuah medan listrik homogen yang besarnya E = 400N/C. Sebuah partikel bermuatan 10⁻⁶C bergerak lurus dari A ke B. Tentukan a) gaya yang ditumbulkan muatan dan b) beda potensial antara titik A dan B !
    Solusi:
    Soal ini merupakan jenis soal listrik statis. Untuk menyelesaikan soal ini cukup menggunakan konsep gaya oleh partikel bermuatan dan beda potensial diantara dua buah titik sebagai fungsi dari jarak. 
  2. Suatu termometer hambatan X menunjukkan nilai 0⁰C saat hambatannya 80Ω dan menujukkan nilai  100⁰C saat hambatannya 90Ω. Tentukan penunjukkan suhu apabila hambatannya 93Ω !
    Solusi :
    Dalam menyelesaikan persoaalan ini, kita menggunakan konsep penentuan temperatur dengan menggunakan alat termometer celcius dan termometer hambatan. 



















  3. Dua batang A dan B memiliki jenis yang sama. Pada suhu 20⁰C panjang masing-masing benda A dan B adalah 4m dan 6m. Saat dipanasi pada suhu 50⁰C, batang A memanjang menjadi 4.15m. Jika batang B dipanaskan hingga suhu 60⁰C, tentukan panjang akhir batang B tersebut !
    Solusi :
    Soal ini merupakan jenis soal pemuaian panjang dari suatu benda pada materi suhu dan kalor. Kita cari terlebih dahulu nilai koefisien muai termal linear batang dari informasi pada batang A yang akan kita gunakan untuk mencari panjang batang akhir benda B setelah diberi pemanasan.























Demikian soal dan pembahasan ujian akhir semester fisika dasar IPA. Semoga bermanfaat !


Post a Comment for "Pembahasan Soal Ujian Akhir Semester Fisika Dasar IPA"

close