Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Masyarakat Jepang Memiliki Umur Yang Panjang? Mungkin Ini Jawabannya

Zsmart.id. Siapa yang tidak kenal dengan negara Jepang. Sebuah negara yang memiliki tingkat kemajuan yang baik terkhusus pada bidang teknologi, pendidikan bahkan transportasi. Negara yang terkenal dengan sebutan negara sakura ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di sisi lain, banyak terdengar kabar bahwa masyarakat-masyarakat Jepang memiliki umur yang panjang di antara negara-negara yang tergabung ke dalam negara G7 yakni : Kanada, Perancis, Jerman, Itali, Jepang, Amerika Serikat dan Inggris. Berdasarkan data OECD tingkat ekspektasi hidup pria Jepang lebih tinggi dibandingkan pria Kanada yakni 81 tahun berbanding 80 tahun [1].

Ilustrasi hidup bahagia (freepik.com) 

Tingginya tingkat harapan hidup ini disebabkan oleh rendahnya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan kanker terkhusus kanker prostat dan kanker payudara. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan masyarakat Jepang tidak mengalami obesitas, rendah dalam mengonsumsi daging merah, dan tingginya tingkat konsumsi ikan dan teh. Jika berbicara data, tingkat persentase obesitas di Jepang berada pada angka 4.8% untuk pria dan 3.7% untuk wanita. Bandingkan dengan negara Kanada yang memiliki persentase sebesar 24.6% untuk pria dan 26.2% untuk wanita pada tahun 2016. Sehingga, obesitas perlu diwaspadai karena merupakan pintu  bagi berbagai macam penyakit [2].

Apakah ada penyebab lain sehingga masyarakat Jepang memiliki umur yang relatif panjang? 

Di Jepang, dikenal suatu pemikiran yang bernama Ikigai [3]. Secara harafiah, ikigai berasal dari dua buah kata yakni iki yang berarti kehidupan dan gai yang berarti nilai sehingga ikigai dapat kita artikan sebagai bagaimana kita menjalani hidup agar lebih bernilai mulai dari bangun pagi hingga tidur kembali. 

Mari kita bahas lebih detail. Ikigai memiliki empat buah pilar penting yang saling berkaitan atau  beririsan satu sama lain yakni : Passion, Mission, Profession dan Vocation


Diagram Ikigai [3]

Passion

Passion lebih diartikan kepada kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan apakah kita suka dan kita ahli dalam pekerjaan tersebut. 

Mission

Mission diartikan sebagai kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang kita suka dan bermanfaat bagi sesama.

Vocation

Vocation diartikan sebagai kegiatan atau pekerjaan yang kita lakukan bagi orang banyak dan memberikan penghasilan dari pekerjaan atau kegiatan tersebut. 

Profession

Profession diartikan sebagai kegiatan atau pekerjaan yang menghasilkan karena kita ahli pada bidang tersebut. 

Sehingga dalam menerapkan ikigai maka perlu adanya keseimbangan pada keempat pilar tersebut. Sebagai contoh, kamu adalah seseorang yang suka dan pandai memasak maka passion kamu adalah memasak (Passion) . Selanjutnya dengan passion tersebut kami bisa berbagi dengan komunitas mu terkait bagaimana cara memasak beberapa masakan yang enak (Mission) dan dari kegiatan tersebut, kamu bisa mendapatkan penghasilan sebagai trainer (Vocation). Jika kamu serius, maka kamu dapat membuka restoran dan kamu menjadi chef dari restoran kamu sendiri (Profession). 

Sehingga dengan menerapkan Ikigai ini maka hidup akan lebih bernilai dan jauh dari stress. Itulah tadi informasi singkat mengenai Ikigai. Semoga bermanfaat! 

Post a Comment for "Mengapa Masyarakat Jepang Memiliki Umur Yang Panjang? Mungkin Ini Jawabannya "

close