Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Latihan Soal Usaha dan Energi

Zsmart.id. Halo sahabat. Kali ini kita akan mempelajari soal-soal terkait materi usaha dan energi. Latihan soal-soal ini diharapkan dapat membantu teman-teman semua dalam menghadapi ujian akhir semester. Langsung saja kita masuk ke sesi latihan soal materi usaha dan energi.

  1. Sebuah benda bermassa 5kg bergerak dengan kecepatan 25m/s. Tentukan besar usaha yang diperlukan untuk mengubah kecepatan mobil menjadi 40m/s ! 
    Solusi :
    Pada soal ini, kita diberikan informasi mengenai massa benda dan kecepatan benda. Jika ingin menentukan usaha, maka kita bisa menggunakan konsep kesetaraan usaha dan energi sehingga, besar usaha akan setara dengan perubahan energi kinetik benda. 

  2. Benda bermassa 7kg ditarik oleh sesorang dengan gaya sebesar 45N selama 5 detik dan benda berpindah sejauh 5m dari posisi semula. Tentukan besar usaha yang dilakukan oleh orang tersebut !
    Solusi :
    Pada soal ini, kita langsung saja menggunakan persamaan umum usaha sehingga diperoleh besar usaha dari orang tersebut adalah 


  3. Sebuah bola bermassa 750gr dijatuhkan dari sebuah gedung yang memiliki ketinggian 25m. Tentukan energi potensial yang dirasakan oleh tanah !
    Solusi :
    Untuk menjawab soal ini, maka cukup menggunakan persamaan energi potensial


  4. Pada sebuah eksperimen, bola bermassa 500gr dberikan gaya sebesar 20N dan mendapatkan kecepatan sebesar 10m/s hingga berhenti. Tentukan jarak yang ditempuh oleh bola tersebut !
    Solusi :
    Untuk menjawab soal ini, kita gunakan prinsip kesetaraan usaha dan energi

  5. Seorang anak menarik benda kotak bermassa 950gr menggunakan tali yang membentuk sudut sebesar 60⁰ dengan gaya sebesar 30N. Tentukan usaha yang dilakukan oleh anak tersebut jika kotak berpindah sejauh 3m !
    Solusi :
    Pada bagian ini, kita gunakan persamaan umum usaha

Sekian informasi mengenai 5 latihan soal usaha dan energi. Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "5 Latihan Soal Usaha dan Energi"

close