Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Latihan Soal dan Jawaban Materi Fluida Dinamis


Zsmart.id. Pada artikel yang lalu, kita telah mempelajari materi fluida dinamis. Pada kesempatan ini, kita akan memecahkan beberapa persoalan mengenai materi fluida dinamis.

  1. Sebuah bak memiliki panjang 125 cm, lebar 75 cm dan tinggi 150 cm diisi dengan air yang memiliki debit sebesar 1500 cm³ per detiknya. Tentukan lama waktu yang diperlukan agar bak terisi hingga penuh !
    Jawaban :


  2. Sebuah fluida mengalir dalam suatu pipa yang memiliki diameter berbeda yakni 12 cm² dan 4 cm². Jika kecepatan fluida pada diameter yang besar adalah 6 m/s. Tentukan kecepatan fluida yang mengalir pada daerah yang berdiameter kecil !
    Jawaban :


  3. Lanjutan pada soal nomor 2, tentukan besar tekanan fluida pada pipa berdiameter kecil apabila tekanan pada pipa yang berdiameter besar adalah 2 x 10⁵ Pa !
    Jawaban :


  4. Sebuah wadah dengan tinggi 120 cm terisi air yang penuh dan diletakkan di atas meja yang tingginya 150 cm. Jika 35 cm dari dasar wadah terdapat lubang sehingga air dapat keluar, tentukan besar kecepatan air tersebut !
    Jawaban :


  5. Sebuah bola besi memiliki jejari 2 cm dan bermassa 0.25 kg dijatuhkan pada suatu cairan yang yang memiliki nilai koefisien viskositas sebesar 2 PI. Tentukan kecepatan terminal dari bola besi tersebut ! (gunakan g = 10m/s²)
    Jawaban : 


Sekian 5 latihan soal materi fluida dinamis beserta pembahasannya. Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "5 Latihan Soal dan Jawaban Materi Fluida Dinamis"

close