Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Latihan Soal dan Jawaban Materi Impuls dan Momentum


Zsmart.id. Setelah mepelajari materi terkait impuls dan momentum, maka pada artikel ini kita akan memfokuskan pada latihan soal dan pembahasan tekait materi tersebut yang terdiri atas lima soal. 

  1. Sebuah benda elastis bermassa 7kg dilemparkan ke arah kanan dengan kecepatan 12m/s dan berbalik arah setelah menumbuk dinding dengan kecepatan 8m/s. Tentukan besar perubahan momentum yang dialami benda tersebut !

  2. Benda A bermassa 5kg bergerak ke arah kanan dengan kecepatan 10m/s menumbuk benda B yang diam dan bermassa 3kg. Jika Setelah bertumbukan benda A diam, maka tentukan kecepatan yang dimiliki oleh benda B !



  3. Seorang atlet melempar bola bermassa 500gr ke arah kanan menuju pemukul dengan kecepatan 25m/s dan kembali dengan kecepatan 30m/s. Jika waktu kontak antara pemukul dan bola adalah 0.1detik. Tentukan besar gaya yang diberikan oleh pemukul terhadap bola tersebut !

  4. Dua benda A dan B masing-masing bermassa 5kg dan 7kg bergerak dalam arah yang sama dengan kecepatan benda A 15m/s dan benda B 10m/s. Tentukan kecepatan akhir masing-masing benda apabila terjadi tumbukan inelastis !


  5. Sebuah bola bergerak dengan kecepatan 4m/s ke arah tembok yang dapat bergerak ke arah datangnya  bola dengan kecepatan 1m/s. Jika terjadi tumbukan lenting sempurna, tentukan kecepatan akhir bola !


Sekian lima latihan soal beserta pembahasan terkait materi impuls dan momentum. Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "5 Latihan Soal dan Jawaban Materi Impuls dan Momentum"

close