Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hambatan Listrik : Rangkuman Materi dan Contoh Soal


Zsmart.id. Pada artikel yang lalu terkait lisrik dinamis, kita telah mempelajari terkait konsep dari arus listrik. Pada kesempatan ini, kita akan sama - sama membahas materi terkait hambatan listrik. 

A. Materi Singkat

Hambatan listrik merupakan salah satu komponen pasif elektronik yang bertujuan untuk memberikan hambatan pada arus listrik. Komponen ini disebut sebagai resistor. Resistor terbuat dari bahan keramik yang merupakan bahan isolator atau penghantar listrik/panas yang tidak begitu baik. Resistor terdiri atas bermacam - macam bentuk misalnya resistor cincin, resistor batu hingga resistor geser yang nilai hambatannya dapat diubah-ubah sesuai keperluan. Pada setiap jenis resistor tersebut akan ditampilkan berapa besar hambatan yang berada pada setiap resistor. Khusus untuk resistor cincin, maka diperlukan teknik pembacaan khusus. Resistor cincin merupakan resistor yang terdiri atas 3 atau 5 cincin - cincin berwarna. Setiap cincin resistor memiliki nilai karakteristik tersendiri. Lebih lanjut silahkan melihat tabel berikut :


Untuk melakukan pembacaan, cukup menggabungkan warna-warna cincin tersebut. Lebih lanjut akan ditampilkan dalam contoh soal. Setelah mengetahui terkait resistor cincin, maka kita akan mengetahui terkait tentang resistor variabel atau resistor geser yang hambatannya dapat diubah-ubah. Resistor ini memanfaatkan sifat resistivitas bahan. Secara umum, persamaan resistor dapat dituliskan ke dalam bentuk persamaan berikut :


di mana R adalah hambatan (Ω), l merupakan panjang kawat (m), A adalah luas penampang kawat (m²) dan ρ merupakan resistivitas listrik bahan (Ωm). Salah satu sifat dari hambatan adalah nilai hambatan akan meningkat seiring dengan peningkatan temperatur yang secara matematik dituliskan ke dalam bentuk persamaan :


di mana R₀ (Ω) merupakan hambatan awal, ΔT (⁰C) merupakan perubahan temperatur dan ∝ merupakan koefisien hambatan temperatur (⁰C)ˉ. Sifat lain adalah, nilai suatu hambatan dapat diubah - ubah dengan cara melakukan penyusunan rangkaian pada resistor yakni seri, paralel ataupun seri-paralel.

Nilai hambatan pengganti dari masing-masing kombinasi rangkaian seri dan paralel dapat diketahui dengan menggunakan persamaan berikut :



di mana N merupakan notasi jumlah resistor.

B. Contoh Soal

1) Sebuah resistor memiliki empat buah cincin warna sebagai berikut : coklat, merah, kuning dan emas. Berdasarkan data tersebut, tentukan hambatan resistor !

Solusi :

Berdasarkan data pada tabel maka diperoleh  Coklat = 1, merah = 2, kuning = 10⁴ dan emas = 5% , maka nilai resistansi resistor adalah |12 x 10⁴ ± 5%| Ω

2) Sebuah kawat penghantar memiliki panjang l dan hambatan sebesar R. Jika diinginkan hambatan kawat tersebut menjadi 1/2R maka panjang kawat haruslah ?

Solusi :

Berdasarkan persamaan hambatan kawat terlihat bahwa hambatan R berbanding terbalik dengan panjang kawat l. Apabila kondisi awal kita bandingkan dengan kondisi akhir maka diperoleh persamaan :


sehingga untuk mengubah hambatan menjadi 1/2R, maka panjang kawat harus dibuat menjadi 1/2 panjang kawat semula

Sekian informasi singkat mengenai hambatan listrik. Semoga bermanfaat !
















Post a Comment for "Hambatan Listrik : Rangkuman Materi dan Contoh Soal"

close