Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Fisika Kelas 11 Kinematika Partikel : Gerak 1 Dimensi

Zsmart.id. Artikel kali ini akan memberikan rangkuman materi terkait mata pelajaran fisika yang mengacu pada kurikulum merdeka khususnya pada fase F yakni kinematika partikel. Adapun materi yang akan disampaikan dalam artikel ini adalah konsep jarak, perpindahan dan kecepatan sedangkan kasus gerak dua dimensi akan memberikan informasi mengenai gerak parabola dan gerak melingkar.

A. Jarak 

Jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh oleh benda yang bergerak dari titik awal hingga ke titik akhir. Jarak merupakan besaran skalar sehingga besarnya akan selalu bernilai positif

B. Perpindahan

Perpindahan merupakan jarak terdekat yang ditempuh oleh benda dari titik awal ke titik akhir. Perpindahan merupakan besaran vektor. Perpindahan yang bernilai negatif memiliki arti bahwa posisi akhir benda telah melewati posisi awal benda tersebut. 

C. Kecepatan rata-rata

Kecepatan rata-rata merupakan besaran vektor yang didefinisikan sebagai hasil bagi antara perpindahan Δx dan waktu tempuh Δt


D. Kelajuan rata-rata

Kelajuan rata-rata merupakan besaran skalar yang didefinisikan sebagai hasil bagi antara jarak tempuh s total dan waktu tempuh Δt


E. Kecepatan sesaat

Kecepatan sesaat merupakan besaran vektor yang menyatakan kecepatan benda pada selang waktu tertentu di mana Δt menuju 0. 


F. Kelajuan sesaat

Kelajuan sesaat merupakan besaran skalar yang menyatakan besar dari kecepatan sesaat.


G. Gerak benda dengan kecepatan tetap 

Gerak benda dengan kecepatan tetap merupakan definisi dari gerak lurus beraturan (GLB). Pada gerak jenis ini, hanya ada besaran jarak s, kecepatan v dan waktu t yang dihubungkan dengan persamaan berikut :


H. Gerak benda dengan percepatan tetap

Gerak benda dengan percepatan tetap merupakan definisi dari gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Terdapat tiga jenis persamaan terkait GLBB yakni :




di mana a adalah percepatan benda. Tanda + digunakan apabila benda dipercepat dan bertanda - jika benda diperlambat.

I. Gerak vertikal ke atas

Pada gerak vertikal ke atas, persamaan yang digunakan sama dengan persamaan - persamaan yang ada pada poin H. Hanya saja, percepatan yang digunakan adalah percepatan gravitasi.




J. Gerak vertikal ke bawah

Pada gerak vertikal ke bawah dalam hal ini gerak jatuh bebas, benda yang jatuh tanpa memiliki kecepatan awal. Sehingga diperoleh :




Demikian informasi singkat mengenai gerak partikel dalam tinjauan 1 dimensi. Semoga dapat memberi manfaat.

























Post a Comment for "Materi Fisika Kelas 11 Kinematika Partikel : Gerak 1 Dimensi"

close