Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latihan Soal Materi Kinematika Pada Gerak Satu Dimensi : Jarak, Perpindahan, Kecepatan dan Percepatan

Zsmart.id. Artikel kali ini akan memberikan beberapa latihan - latihan soal untuk materi gerak satu dimensi meliputi konsep dari jarak, perpindahan, kecepatan dan percepatan dari sebuah benda yang bergerak dalam sistem satu dimensi. 

Latihan Soal 

1) Pada akhir pekan, ayah dan anak sedang bermain tangkap bola. Pada awalnya, keduanya berada di posisi yang sama. Si anak kemudian mengambil bola yang terlempar sejauh 20m kemudian kembali menuju ayahnya lalu meletakkan bola tersebut 2m di depan ayahnya. Berdasarkan ilustrasi ini, tentukan jarak dan perpindahan yang ditempuh oleh sang anak !

2) Perhatikan grafik berikut. Berdasarkan data tersebut, berikanlah informasi mengenai jarak dan perpindahannya !

3) Tabel berikut merupakan informasi dari benda yang bergerak pada sumbu x positif. Tentukan kelajuan rerata benda tersebut !
4) Perhatikan grafik berikut. Tentukan : a) kecepatan rerata dan b) kelajuan rerata benda !
5) Sebuah bola dilemparkan dari atas sebuah gedung yang memiliki ketinggian 40m dengan kecepatan 10m/s. Tentukan waktu yang dibutuhkan untuk bola menyentuh tanah !

6) Pada keadaan awal t = 0 adalah vektor kecepatan v = (2i + 3j)m/s dan dan vektor percepatan a = (4i +2j)m/s². Tentukan kecepatan dan perpindahan benda setelah bergerak selama 2 detik !











Post a Comment for "Latihan Soal Materi Kinematika Pada Gerak Satu Dimensi : Jarak, Perpindahan, Kecepatan dan Percepatan"

close