Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dukung Ketahanan Pangan, Dosen Fisika UNM Beri Pelatihan Aquaponik Di Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa

Zsmart.id. Kegiatan pelatihan sistem tanam menggunakan sistem aquaponik di Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 5 Juni 2022. Program Kemitraan Masyarakat (PkM) ini merupakan salah satu program pengabdian yang didanai melalui PNBP FMIPA UNM Tahun 2022.

PKM ini diketuai oleh Dr. Husain, S.Si., M.Pd. dan Drs. Subaer M.Phil, Ph.D. dan Dr. Pariabti Palloan S.Si., M.T sebagai anggota.


Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah untuk memberi kelompok IRT di desa Taeng, Kec. Pallangga untuk mengembangkan kemandirian dalam menyediakan kebutuhan sandang seperti ikan dan sayuran. Pemilihan kelompok IRT di Desa Taeng, dilakukan setelah tim pengabdi melakukan kegiatan observasi selama kurang lebih 1 bulan.

Ketua tim PkM Dr. Husain, S.Si., M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi masih terbatasnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang sistem tanam dengan metode aquaponik. Selama ini mitra hanya mengetahui sistem tanam hidropinik, itu pun mitra belum pernah melakukan secara mandiri.

Selama ini kelompk mitra, hanya memperoleh kebutuhan ikan atau sayuran melalui kegiatan belanja di pasar atau menunggu penjual/penjajah sayuran dan ikan yang lewat di depan rumahnya. Itupun penjual ini hanya ada ketika sudah jam 10-an keatas, dimana pada jam itu sudah melewati waktu untuk sarapan. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk mengolahnya. Tutur Ibu Ayu, salah satu IRT.

Berdasarkan permasalahan yang ada, diupayakan solusi berupa sistem tanam dengan media aquaponik ini dapat memberikan alternatif bagi mitra untuk sumber ikan dan sayuran melalui usaha sendiri, pada lahan yang tidak begitu luas.

Sistem tanam aquaponik merupakan perpaduan antara perikanan dan pertanian yang dilakukan secara terintegrasi. Dalam hal ini, tim bersama mitra memilih untuk membudidayakan ikan lele dan sayur kangkung. Pemilihan ini dilakukan berdasarkan fakta bahwa, lele dan kangkung tidak memerlukan perhatian berlebih dalam proses pemeliharaanya. 

“Kami sangat senang dengan kegiatan PKM ini yang membantu kami meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan dalam mengadakan sistem tanam aquaponik yang sangat bermanfaat utamanya jika lahan yang tersedia sangat terbatas.,” ujar Rezki, S.E, salah satu peserta kegiatan.

Post a Comment for "Dukung Ketahanan Pangan, Dosen Fisika UNM Beri Pelatihan Aquaponik Di Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa"

close