Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hukum Melde - Ketika Gaya Mempengaruhi Cepat Rambat Gelombang



Zsmart.id. Beberapa artikel terdahulu telah membahas secara ringaks mengenai fenomena gelombang stasioner atau gelombang berdiri pada tali. Pada kesempatan ini, kita akan mengetahui juga bahwa gaya yang diberikan kepada tali akan menghasilkan suatu gelombang berdiri yang mempengaruhi cepat rambat gelombang tali tersebut. Eksperimen ini dikenal sebagai eksperimen Melde. Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari beban yang digantungkan pada tali terhadap kecepatan rambat gelombang tali tersebut. Secara skematis sederhana, eksperimen dari Melde dapat dilihat pada gambar berikut :


Sebuah tali dengan massa m dan panjang l diikatkan pada penggetar dan ujung satunya diikatkan beban bermassa M yang menggantung sehingga tali menjadi tegang. Posisi dari penggetar dapat berubah - ubah sehingga diperoleh suatu gelombang berdiri  seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut :


Berdasarkan data eksperimen yakni dengan memvariasikan massa beban M maka diperoleh bahwa cepat rambat gelombang v pada tali dipengaruhi oleh gaya F yang diberikan pada tali dan rapat massa tali μ yakni massa tali per satuan panjang tali. Dengan meggunakan analisis dimensi maka hubungan antara besaran - besaran tersebut secara matematis dapat dituliskan ke dalam bentuk persamaan :


dengan v merupakan cepat rambat gelombang tali dalam m/s. Persamaan inilah yang kita kenal sebagai persamaan Hukum Melde tentang cepat rambat gelombang pada tali.

Demikian informasi singkat mengenai Hukum Melde. Semoga bermanfaat !.

Post a Comment for "Hukum Melde - Ketika Gaya Mempengaruhi Cepat Rambat Gelombang"

close