Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simbol - Simbol Logika, Tabel Kebenaran dan Diagram Waktu

Zsmart.id. Dalam mempelajari elektronika digital, maka perlu dipahami beberapa aspek-aspek dasar terkait materi tersebut. Salah satunya adalah terkait tentang gerbang - gerbang logika yang akan sering digunakan dalam analisis - analisis digital. Adapun gerbang - gerbang logika yang dimaksud terdiri atas beberapa bagian yakni gerbang : NOT, AND, OR, NAND, NOR, XOR dan XNOR. Lebih lanjut, mari kita membahas secara ringkas terkait gerbang - gerbang logika tersebut.

A. Gerbang NOT

Dalam gerbang logika NOT, apabila input (A) bernilai 1 maka output (Y) 0. Namun apabila input 0 maka output bernilai 1. Simbol dan tabel kebenaran terkait gerbang NOT ini dapat dilihat pada gambar berikut :

B. Gerbang AND

Pada gerbang logika AND, output akan bernilai 1 jika dan hanya jika input bernilai 1. Ilustrasi terkait gerbang AND dapat dilihat pada gambar berikut :

C. Gerbang OR

Pada gerbang OR, output akan bernilai 0 jika dan hanya jika masing - masing input bernilai 0. Ilustrasi terkait gerbang OR dapat dilihat pada gambar berikut :

D. Gerbang NAND

Pada gerbang NAND merupakan gabungan antara gerbang AND dan NOT sehingga output dari gerbang NAND akan bernilai 0 jika dan hanya jika masing - masing input bernilai 1. Ilustrasi terkait gerbang NAND dapat dilihat pada gambar berikut :

E. Gerbang NOR

Pada gerbang NOR merupakan gabungan antara gerbang OR dan NOT sehingga output dari gerbang NOR akan bernilai 1 jika dan hanya jika masing - masing input bernilai 0. Ilustrasi terkait gerbang NAND dapat dilihat pada gambar berikut :



F. Gerbang XOR

Gerbang XOR merupakan singkatan dari Eksklusif OR. Pada gerbang ini, output akan bernilai satu jika dan hanya jika jumlah input 1 dalam daftar inputan bernilai ganjil. Sebagai contoh, jika kita memiliki dua buah input A dan B maka agar output bernilai 1 maka A bernilai 1 dan B bernilai 0 atau A bernilai 0 dan B bernilai 1. Namun jika jumlah angka 1 dalam inputan bernilai genap, maka output akan bernilai 0. Misalkan input A bernilai 1 dan input B bernilai 1, terdapat 2 (genap) angka 1 dalam inputan sehingga bernilai 0 pada outputnya. Ilustrasi terkait gerbang XOR dapat dilihat pada gambar berikut :


G. Gerbang XNOR

Gerbang ini merupakan gerbang XOR yang diberi gerbang NOT. Ilustrasi terkait gerbang XNOR dapat dilihat pada gambar berikut :



Diagram Waktu

Diagram waktu merupakan visualisasi dari keluaran operasi gerbang-gerbang logika. Diagram ini memberikan informasi keluaran operasi sebagai fungsi waktu. Sebagai contoh, kita mengambil gerbang AND dengan dua buah input dan satu keluaran. Maka tabel kebenaran dari sistem gerbang AND ini adalah sebagai berikut :

maka diagram waktu dari gambar di atas dapat dituliskan ke dalam visualisasi berikut : 

Sekian informasi singkat mengenai Simbol Logika, Tabel Kebenaran dan Diagram Waktu. Semoga bermnafaat !












Post a Comment for "Simbol - Simbol Logika, Tabel Kebenaran dan Diagram Waktu"

close