Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gaya Gesek Statis dan Kinetis : Pengertian, Rumus dan Contoh Soal


Zsmart.id. Dalam kehidupan sehari - hari, kita tidak pernah lepas dari fenomena yang erat kaitannya dengan gaya gesek misalnya berjalan, menulis, memegang benda dan lain sebagainya. Namun, apa sebenarnya gaya gesek itu? Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai gaya gesek secara lebih detail. 

A. Pengertian

Gaya gesek merupakan gaya hambat yang timbul dari sebuah benda yang diberikan gaya dan arah gaya gesek berlawanan dengan arah gaya yang diberikan. Ilustrasi dari sebuah gaya gesek dapat dilihat pada ilustrasi berikut :

terlihat bahwa sebuah benda diberikan gaya sebesar F ke arah kanan, karena lintasan kasar maka akan timbul gaya hambat atau gaya gesek yang memperlambat gerak benda yang arahnya berlawanan dengan arah gaya yang diberikan. 

B. Jenis - Jenis Gaya Gesek

Gaya gesek berdasarkan karakteristiknya terbagi atas dua jenis yakni gaya gesek statis dan gaya gesek kinetis. Gaya gesek statis merupakan gaya gesek yang timbul pada saat benda diberikan gaya namun benda masih berada dalam kondisi diam. Adapun gaya gesek kinetis merupakan gaya gesek yang bekerja pada benda ketika benda diberikan gaya dan benda dalam kondisi bergerak.  

Ilustrasi sederhana terkait dua jenis gaya gesek ini adalah pada saat kita mendorong mobil awalnya mobil tidak akan bergerak ketika kita mendorong dengan gaya F tertentu kondisi ini disebabkan karena gaya yang kita berikan masih lebih kecil dibandingkan gaya gesek statis antara ban mobil dan jalanan.


Namun pada saat gaya dorong ditambah maka mobil akan bergerak, pada saat ini gaya gesek yang bekerja merupakan gaya gesek kinetis 


sehingga terlihat jelas bahwa gaya gesek statis akan selalu lebih besar daripada gaya gesek kinetis.


C. Rumus Gaya Gesek

Secara umum rumus untuk gaya gesek dituliskan ke dalam bentuk persamaan :


dimana μ merupakan koefisien gaya gesek yang besarnya 0 < μ ≤ 1 (angka 0 berarti permukaan licin sempurna dan angka 1 berarti permukaan kasar sempurna) dan N merupakan gaya normal benda.

D. Contoh Soal

Sebuah benda bermassa 6kg ditarik dengan gaya sebesar 24N sehingga benda bergerak pada lintasan yang kasar sehingga mendapatkan percepatan sebesar 2m/s². Tentukan a) gaya gesek yang ditimbulkan dan b) nilai koefisien gesek antara benda dan lintasan !

Solusi :
Perhatikan ilustrasi berikut 
untuk menjawab poin a, maka kita dapat menggunakan hukum 2 Newton sehingga :




adapun untuk poin b) pada gambar terlihat bahwa gaya normal benda tidak lain merupakan gaya berat benda yakni 60N sehingga dengan menggunakan persamaan gaya gesek diperoleh nilai koefisien gesek adalah :



terlihat bahwa nilai koefisien gesek kinetis benda sebesar 0.2.

Sekian informasi singkat mengenai gaya gesek. Semoga bermanfaat !



















Post a Comment for "Gaya Gesek Statis dan Kinetis : Pengertian, Rumus dan Contoh Soal"

close