Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Studi Kasus (Case Study) Materi Fisika : Besaran dan Satuan


Zsmart.id.  Pada beberapa postingan terdahulu terkait materi besaran dan satuan serta pengukuran dasar yang meliputi : cara melakukan pengukuran panjang menggunakan penggaris, jangka sorong ataupun mikrometer sekrup serta bagaimana cara melakukan analisis kesalahan pengukuran dan pelaporan hasil pengukuran  telah dibahas. Olehnya, pada kesempatan ini kita akan menerapkan materi - materi tersebut dalam sebuah studi kasus. Adapun simulasi studi kasus terkait hal ini adalah sebagai berikut :

Studi Kasus 1 : Pelaporan Hasil Kegiatan Pengukuran

Dalam suatu kegiatan laboratorium sederhana, dua orang siswa (siswa A dan siswa B) melakukan kegiatan pengukuran dasar yakni menentukan panjang suatu benda dengan menggunakan penggaris. Siswa A melakukan pengukuran sebanyak tiga kali dan siswa B melakukan pengukuran sebanyak sepuluh kali. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut :


Berdasarkan data - data tersebut, maka tuliskanlah nilai pelaporan yang harus disampaikan oleh siswa A dan siswa B serta berikanlah penjelasan terkait dua jenis kegiatan pengukuran tersebut !


Studi Kasus 2 : Menentukan Persamaan Menggunakan Konsep Analisis Dimensi Satuan

Pada kegiatan eksperimen hubungan antara frekuensi dawai terhadap gaya yang diberikan diperoleh hasil bahwa frekuensi bergantung terhadap gaya (F), panjang dawai (l) dan massa per satuan panjang dawai (μ). Dengan menggunakan konsep dimensi satuan, tentukanlah persamaan untuk frekuensi dawai !

Studi Kasus 3 : Pelaporan Hasil Kegiatan Pengukuran Massa Jenis Benda

Dalam suatu kegiatan penentuan massa jenis benda berbentuk balok dilakukan kegiatan pengukuran terhadap besaran massa dan dimensi benda. Massa benda diukur menggunakan timbangan digital dengan ketelitian 0.001gr dan panjang benda menggunakan penggaris dengan ketelitian 0.1cm. Hasil pengukuran massa dan dimensi benda dapat dilihat pada tabel berikut :

Berdasarkan data yang diperoleh tuliskanlah pelaporan nilai hasil pengukuran massa jenis benda disertai dengan nilai ketidakpastiannya !


Demikian tiga contoh studi kasus terkait penerapan materi pengukuran dasar serta besaran dan satuan. Semoga bermanfaat !


Post a Comment for "Contoh Studi Kasus (Case Study) Materi Fisika : Besaran dan Satuan"

close