Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persamaan Posisi, Kecepatan dan Percepatan Gelombang


Zsmart.id. Pada artikel yang lalu terkait tentang konsep dasar gelombang kita telah mempelajari terkait definisi dan karakteristik dasar dari sebuah gelombang. Artikel kali ini akan membahas mengenai kinematika dari suatu gelombang terkait tentang : persamaan posisi, persamaan kecepatan dan persamaan percepatan dari sebuah gelombang. 

A. Persamaan Posisi Gelombang


Suatu gelombang yang merambat ke arah kanan dengan sudut fase awal nol sebagai fungsi waktu dan posisi, secara umum dapat dituliskan ke dalam bentuk persamaan berikut :


dimana y merupakan simpangan gelombang pada posisi dan waktu tertentu, A merupakan amplitudo dengan satuan meter, k merupakan bilangan gelombang dengan satuan mˉ, ω merupakan kecepatan sudut dengan satuan rad/detik, x adalah posisi gelombang dengan satuan meter dan t adalah waktu dengan satuan detik.

B. Persamaan Kecepatan Gelombang


Dalam kinematika, persamaan kecepatan dari partikel yang beregerak dapat diketahui dengan cara melakukan diferensiasi terhadap persamaan posisi. Olehnya, persamaan kecepatan gelombang adalah :




kecepatan maksimum akan diperoleh jika : 


olehnya : 


dimana v merupakan kecepatan gelombang dengan satuan m/s, ω merupakan kecepatan sudut dengan satuan rad/detik dan A merupakan amplitudo gelombang dengan satuan meter.

C. Persamaan Percepatan Gelombang


Persamaan percepatan gelombang dapat ditentukan dengan cara melakukan diferensiasi dua kali persamaan posisi terhadap waktu atau diferensiasi persamaan kecepatan terhadap waktu, olehnya :




percepatan maksimum dapat diperoleh padaa saat  :


sehingga : 


berdasarkan persamaan di atas terlihat bahwa a merupakan percepatan gelombang dengan satuan m/s², ω merupakan kecepatan sudut dengan satuan rad/detik dan A merupakan amplitudo gelombang dengan satuan meter.

Contoh soal !


Sebuah gelombang memenuhi persamaan berikut :


dimana x dalam meter dan t dalam detik. Tentukan kecepatan partikel saat x = 0.2m dan t = 0.04s !

Solusi :

Persamaan gelombang di atas dapat disederhanakan menjadi :


maka kecepatan partikel saat x = 0.2m dan t = 0.04s adalah :




Semoga bermanfaat !

Post a Comment for "Persamaan Posisi, Kecepatan dan Percepatan Gelombang"

close