Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Sekolah Kedinasan ? Pastikan Kamu Pahami 4 Tahapan Terkait Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022

Zsmart.id - Setelah menamatkan jenjang studi pendidikan dasar tingkat menengah atas maka para siswa akan menghadapi beberapa pilihan apakah ingin langsung kerja atau melanjutkan ke tingkat perguruan tinggi. Pada tahun ini, pemerintah kembali membuka pendaftaran untuk masuk ke sekolah kedinasan. Adapun beberapa sekolah yang dimaksud adalah :

1) Kementerian Perhubungan
2) Kementerian Hukum dan HAM
3) Kementerian Dalam Negeri
4) Kementerian Keuangan
5) Badan Intelejen Negara
6) Badan Pusat Statistik
7) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
8) Badan Siber dan Sandi Negara

Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi kamu disekolah-sekolah kedinasan tersebut, baiknya kamu memperhatikan proses alur pendaftaran ke sekolah kedinasan yang kamu inginkan. Secara umum, seperti yang dikutip pada laman resmi Sekolah Kedinasan 2022, secara umum alur pendaftaran terbagi atas beberapa tahapan yakni :

Tahap Persiapan

Pada tahapan ini kamu harus membuat akun pendataran terlebih dahulu dengan mengunjungi laman resmi pendaftaran yakni https://dikdin.bkn.go.id lalu kamu memilih menu daftar maka akan muncul tampilan berikut :


karena kamu baru akan membuat akun, maka silahkan memilih "pendaftaran akun SSCASN DIKDIN" setelahnya kamu akan diarahkan pada tampilan pendaftaran sebagai berikut :


pada bagian ini, silahkan kamu untuk mengisi beberapa informasi meliputi : Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap Sesuai KTP, Tanggal Lahir Sesuai KTP, Kabupaten/Kota serta memasukka kode unik yang diberikan. Setelah itu, kamu klik "Lanjutkan" lalu silahkan untuk mencetak kartu informasi akun.

Tahap Pendaftaran

Pada tahapan ini, kamu siap untuk mendaftar. Silahkan masuk ke laman resmi pendaftaran sekolah kedinasan lalu login menggunakan NIK dan Password yang telah didaftarkan. Setelah itu, silahkan untuk mengunggah foto diri, pilih sekolah, lengkapi nilai, unggah berkas dan lengkapi biodata kamu. Setelah semua telah kamu lalui, maka pastikan kamu untuk menge-cek resume pendaftaran kamu dan ceak kartu pendaftaran

Tahap Verifikasi

Pada tahapan ini, tim akan melakukan penilaian atau verifikasi terhadap data-data yang telah kamu masukkan meliputi data dan berkas. Setelahnya, untuk mengetahui kamu lolos verifikasi atau tidak silahkan untuk login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dan cek status kelulusan administrasi kamu. Jika kamu dinyatakan lulus verifikasi, maka selanjutnya kamu akan diberikan informas terkait pembayaran pada masing-masing sekolah kedinasan. Langkah terakhir, silahkan untuk mencetak kartu ujian SSCASN Sekolah Kedinasan. Hal ini bisa kamu lakukan jika kamu telah selesai melakukan pembayaran dan terkonfirmasi oleh sistem.

Tahap Ujian

Jika kamu sudah mendapatkan kartu ujian kamu, maka selanjutnya adalah kamu akan melaksanakan seleksi sesuai informasi yang berada pada kartu tersebut nantinya. Pastikan kamu membaca dengan cermat ketentuan-ketentuan dalam melaksanakan ujian tersebut yang telah ditetapkan oleh masing-masing sekolah kedinasan. Adapun, pengumuman hasil seleksi akan diumumkan oleh panitia seleksi sekolah kedinasan SSCASN

Demikianlah informasi dasar terkait alur pendaftaran umum sekolah kedinasan 2022. Adapun alur pendaftaran untuk masing-masing sekolah kedinasan dapat kamu lihat pada laman berikut : SEKOLAH KEDINASAN 2022 (bkn.go.id)



Post a Comment for "Daftar Sekolah Kedinasan ? Pastikan Kamu Pahami 4 Tahapan Terkait Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022"

close